Bhayangkara Rembang Hijaukan Hutan Kota

Selasa, 26 Juni 2012 | 08:10 WIB
Serah terima bibit dari Humas KPH Mantingan, Ismartoyo (kanan) kepada Kabag Ops Polres Rembang Kompol Pranandya Subiyakto dalam aksi penghijauan di Hutan Kota GOR Mbesi Rembang, Selasa (26/6). (Foto: Puji)

KOTA – Korps Kepolisian Resor Rembang turut menghijaukan hutan kota di kawasan Gelanggang Olahraga (GOR) Mbesi dengan menanam sebanyak 3.000 tanaman keras berupa mahoni dan jati super, dalam kegiatan penghijauan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Bhayangkara, Selasa (26/6).

Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Bagian (Kabag) Ops Polres Rembang selaku Ketua Panitia HUT ke-66 Bhayangkara Polres Rembang, Komisaris Polisi Pranandya Subiyakto tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan penghijauan sebelumnya.

“Sebelumnya, kami menanam 5.000 bibit tanaman jenis mangrove dan cemara laut pada sepanjang 2,5 kilometer garis Pantai Punjulharjo, Rabu (20/6). Kegiatan hari ini (26/6) merupakan kelanjutannya,” terang Kompol Pranandya.

Ia menjelaskan, dua lokasi tersebut sengaja dipilih karena strategis dalam mendukung program penyelamatan lingkungan. “Penanaman mangrove dan cemara laut merupakan gerakan penyelamatan pantai, sedangkan penghijauan di kawasan GOR Mbesi untuk merindangkan hutan kota,” jelasnya.

Dari dua kegiatan penghijauan tersebut, lanjut dia, pihaknya melibatkan ratusan orang dari sejumlah elemen, selain anggota Polri juga berasal dari unsur TNI, Perhutani, Kantor Lingkungan Hidup, pemuda, dan pelajar.

Kabag Ops juga mengungkapkan, pihaknya tidak sekadar menanam ribuan bibit tersebut. Sebab, kata dia, pihaknya menyiapkan satu tim khusus yang diberikan tugas untuk memantau dan memelihara ribuan bibit yang sudah ditanam tersebut.

“Tim khusus tersebut diberi tugas untuk melakukan pemeliharaan seperti melakukan penyiraman dan pemupukan. Kami sudah minta ke tim khusus itu, jangan sampai bibit yang sudah ditanam itu telantar dan mati,” paparnya.

Ia menambahkan, selain melakukan aksi penghijauan, menyambut Dirgahayu ke-66 Bhayangkara, pihaknya juga telah dan masih akan menggelar sejumlah kegiatan.

“Kegiatan yang sudah kami lakukan selain penghijauan, antara lain pengobatan masal, donor darah, trabas, dan sepeda sehat. Kami masih menyisakan sejumlah kegiatan yakni tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Rembang pada Sabtu (30/6) pagi, sarasehan internal pada Sabtu (30/6) malam, dan upacara peringatan HUT ke-66 RI pada Minggu (1/7) pagi,” imbuh dia. (Puji)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan