Waspadai Iming-Iming Kunci Jawaban

Minggu, 8 April 2012 | 07:47 WIB


KOTA – Sejumlah sekolah mewanti-wanti para siswanya agar tidak mudah terbujuk iming-iming bocoran kunci jawaban UN yang biasanya beredar menjelang pelaksanaan ujian nasional.

Kepala SMAN 2 Rembang, Sumarno, Minggu (8/4) mengatakan, sejak jauh hari pihaknya sudah meminta para siswa yang akan menjalani UN untuk percaya diri dengan persiapan mereka.

“Para siswa sudah kami siapkan sedemikian rupa untuk menghadapi ujian nasional. Secara penguasaan materi, mereka sudah cukup siap. Karena itu, mereka harus percaya diri. Tak perlu menghiraukan isu kunci jawaban,” kata Sumarno.

Menurutnya, peredaran kunci jawaban palsu umumnya dihembuskan melalui layanan pesan singkat beberapa saat sebelum ujian dimulai. “Jangan percaya kalau ada yang menyebarkan kunci jawaban misalnya lewat SMS,” katanya menambahkan.

Kejadian pahit pernah menimpa sejumlah siswa di Kabupaten Rembang pada tahun lalu. Belasan siswa sebuah madrasah negeri di kabupaten ini bahkan harus menelan pil pahit, tidak lulus UN, gara-gara kepincut pada kunci jawaban yang ternyata palsu.

“Lha wong syarat kelulusan juga sudah relatif mudah sejak diperhitungkannya nilai ujian sekolah, kenapa harus tidak percaya diri. Lebih baik, dari sekarang, siswa mempersiapkan diri sebaik mungkin,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang, Dandung Dwi Sucahyo juga mengingatkan hal yang sama. “Siswa jangan mudah terpancing dengan isu-isu kunci jawaban,” kata dia. (Puji)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan