113 Siswa SMK di Rembang Adu Kompetensi

Kamis, 13 Juni 2013 | 15:24 WIB
Para siswa tersebut bertarung di 23 mata lomba yang disediakan panitia penyelenggara. (Foto:Puji)

Para siswa tersebut bertarung di 23 mata lomba yang disediakan panitia penyelenggara. (Foto:Puji)

REMBANG, MataAirRadio.net – Sebanyak 113 siswa dari 22 SMK beradu “skill” dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) ke-22 tingkat Kabupaten Rembang yang digelar di Balai Kartini Rembang, Kamis (13/6) pagi.

Para siswa tersebut bertarung di 23 mata lomba yang disediakan panitia penyelenggara, di antaranya nautika, marketing, farmasi, caring atau pekerjaan sosial, otomotif, networking support, dan web design.

Nama-nama pemenang dari setiap mata lomba akan dibeber pada Jumat 14 Juni 2013 dan berhak mewakili Kabupaten Rembang di Lomba Kompetensi Siswa tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang Dandung Dwi Sucahyo mengatakan, lomba kompetensi siswa diharapkan akan memunculkan bibit-bibit siswa yang merupakan calon tenaga handal dalam memenuhi kebutuhan kompetensi bidang usaha dan industri.

Lomba Kompetensi Siswa yang selama ini diklaim telah mampu menghasilkan banyak calon tenaga kerja handal dan profesional dari SMK, dibuka oleh Wakil Bupati Rembang Abdul Hafidz.

Hafidz dalam sambutannya mengatakan, sistem pendidikan nasional yang begeser dari SMA ke SMK dinilai cukup tepat. Momentum ini perlu dimanfaatkan untuk bergerak bersama membangun bangsa.

Keberadaan SMK, menurut Hafidz berperan besar dalam upaya menghasilkan peserta didik yang memiliki keahlian dan siap dimanfaatkan tenaganya untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha, industri, dan masyarakat.

Menurut catatan Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang, rasio jumlah SMK dengan SMA di Kabupaten Rembang sampai dengan Juni 2013 mencapai 54:46. Pemerintah Pusat menargetkan proporsi SMK dan SMA pada 2015 sudah bisa mencapai 70:30. Pihak Dinas Pendidikan meyakini proporsi itu akan bisa diwujudkan. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan