Tak Diminati Saat Mudik, Jalur Alternatif Rembang Tetap Disiapkan

Kamis, 23 Agustus 2012 | 01:47 WIB
Rambu jalur alternatif di Dresi Kulon, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang. (Foto: Pujianto)

KOTA, mataairradio.net – Satuan Lalu Lintas Polres Rembang tetap menyiapkan beberapa jalur alternatif untuk mengantisipasi kemungkinan kemacetan Jalur Pantura kabupaten itu saat puncak arus balik Lebaran 1433 Hijriah.

“Meskipun saat arus mudik kemarin, pemudik nyaris tak melewati jalur alternatif, namun pada arus balik ini tetap kami siapkan. Ini perlu kami siapkan sebagai antisipasi,” terang Kasatlantas Polres Rembang, AKP Dudi Pramudia, Kamis (23/8).

Menurut Dudi, arus lalu lintas Jalur Pantura yang lancar, menjadi pertimbangan paling utama pemudik untuk tidak melewati jalur alternatif selama arus mudik kemarin.

“Alasannya memang karena sepanjang Jalur Pantura arus kendaraannya cukup lancar. Potensi kemacetan yang sebelumnya diperkirakan terjadi di Jalur Pantura Kaliori pun tak terlihat hingga arus mudik berakhir,” katanya.

“Jalur alternatif masih menjadi prioritas pengamanan. Rambu penunjuk jalan dan penerangan tambahan di sejumlah titik sudah dipasang untuk memudahkan para pemudik,” sambungnya.

Arus balik Lebaran diperkirakan akan mencapai puncaknya pada Jumat dan Sabtu (24-25/8). Dan seperti diketahui, jalur alternatif disiapkan baik untuk kendaraan yang berasal dari arah Semarang maupun Surabaya.

Kemacetan di kawasan Pantura Kaliori, bisa diantisipasi dengan jalur alternatif Kaliori-Sumber-Blora-Bojonegoro-Surabaya atau Kaliori-Sumber-Pati-Semarang.

Sementara, kemacetan di kawasan sekitar Pasar Pentungan Kota Rembang, bisa disiasati dengan memanfaatkan jalur Pentungan-Clangapan-Rembang-Surabaya atau Pentungan-Blora-Surabaya/Semarang.

Jalur alternatif berikutnya adalah Lasem-Pamotan-Sale-Bojonegoro-Surabaya, Pandangan-Sedan-Pamotan-Blora-Surabaya/Semarang atau Pandangan-Sedan-Sale-Bojonegoro-Surabaya.

Selain itu, jalur alternatif Kragan-Sedan-Sale-Bojonegoro-Surabaya atau Kragan-Sedan-Pamotan-Blora-Semarang, juga sudah disiapkan.

“Jalur alternatif lainnya adalah Sarang-Sedan-Sale-Bojonegoro-Surabaya atau Sarang-Sedan-Pamotan-Blora-Semarang. Jalur itu bisa dimanfaatkan saat terjebak macet di wilayah Sarang,” kata AKP Dudi Pramudia menambahkan. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan