Selesaikan Kasus Ringan, Di FKPM Saja

Jumat, 29 Juni 2012 | 06:02 WIB
Kapolsek Lasem, AKP Isnaeni.

LASEM – Forum Komunikasi Polisi dan Masyarakat (FKPM) yang digagas Kepolisian Sektor Lasem diklaim telah mampu mempererat jalinan komunikasi antarwarga serta menyelesaikan berbagai kasus ringan yang tidak berdampak signifikan di masyarakat.

Kepala Polsek Lasem Ajun Komisaris Polisi Isnaeni kepada suararembang, Jumat (29/6), menjelaskan forum tersebut sekaligus sebagai “pilot project” alias percontohan yang telah berjalan per Februari silam.

“Sejak forum komunikasi polisi dan masyarakat terbangun lima bulan yang lalu, berbagai kasus ringan yang tidak berdampak signifikan berhasil diselesaikan melalui forum yang dituangkan dalam sebuah surat kesepakatan bersama (SKB) tersebut,” tegas dia.

Menurut AKP Isnaeni, tidak semua kasus yang terjadi di masyarakat harus berujung di meja hijau. Pasalnya, terang dia, hal itu belum akan menjamin efek jera bagi si pelaku.

“Untuk itu, terhadap kasus yang sifatnya ringan dan tidak berdampak signifikan, bisa diselesaikan melalui FKPM,” tegas dia.

Kapolsek menjelaskan, pembentukan FKBM bertujuan membangun kemitraan dengan masyarakat dan memecahkan masalah yang ada di desa sekecil apapun dan menyelesaikan berbagai kasus ringan yang muncul melalui musyawarah.

Ia menyebutkan, saat ini sebanyak 20 desa di kecamatan Lasem masing-masing telah ada seorang Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas).

“Mereka bertugas membantu masyarakat untuk mengamankan lingkungan. Namun tantangan tugas mereka cukup berat. Sebab seorang personel Babinkamtibmas bertugas membantu mengamankan 1.540 orang dari jumlah keseluruhan penduduk Lasem yang 50.827 orang,” terangnya.

AKP Isnaeni mengakui pihaknya masih banyak kekurangan, namun tekad untuk memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, sesuai dengan tugas pokok polisi pengayom, pembimbing, dan pelindung masyarakat, selalu membara.

Kepala Unit Bimas Kapolsek Lasem  Aiptu Hermanto menambahkan, terbentuknya FKPM telah banyak membantu masyarakat menyelesaikan berbagai kasus ringan bahkan untuk memberikan layanan terbaik di masing-masing desa dibentuk Balai Komunikasi Polisi dan Masyarakat (BKPM) sebagai tempat untuk menyesaikan perkara.

“Sejak forum ini ada, tercatat 19 kasus dari  5 desa, masing-masing Desa Karas Gede (12) kasus, Jolotundo (1) kasus , Dorokandang (4) kasus, Sendangcoyo (1) kasus, dan Sumbergirang (1) kasus bisa terselesaikan,” papar dia. (Trisno)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan