Rp1,5 Miliar, Usulan Anggaran Pilkades Serempak 2015

Sabtu, 1 November 2014 | 16:38 WIB

 

Pilkades Desa Tanjung, Kecamatan Sulang tahun 2013.

Suasana Pilkades Desa Tanjung, Kecamatan Sulang tahun 2013.

 
REMBANG, mataairradio.com – Pemerintah Kabupaten Rembang mengusulkan alokasi anggaran sebesar Rp1,5 miliar untuk membiayai penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serempak tahun 2015.

Usulan tersebut segera dimasukkan dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PPAS) yang segera diajukan oleh pihak eksekutif kepada DPRD Rembang.

“Kita sudah usulkan melalui KUA, anggaran penyelenggaraan Pilkades serempak 2015. Nilainya sekitar Rp1,5 miliar. Nilainya masih tentatif karena belum dibahas di tingkat DPRD,” ungkap Kepala Sub-Bagian Tata Pemerintahan Desa Sekretariat Daerah Rembang Gunari, Sabtu (1/11/2014) siang.

Dia menjelaskan, anggaran Rp1,5 miliar yang diusulkan, dibuat dengan asumsi Pilkades dilakukan serempak di 45 desa. Asumsi lainnya, Pilkades serempak akan digelar sebelum akhir Juli 2015, karena masa jabatan kades yang habis di bulan itu, sebanyak 45 desa.

Dia juga menekankan, anggaran Rp1,5 miliar yang diusulkan itu hanya untuk menanggung biaya yang terkait kepanitiaan dan penyelenggaraan Pilkades di tingkat desa, atau belum termasuk biaya pengamanan dan pengawasan oleh pihak Pemkab.

“Anggaran per desa bisa mencapai Rp45 juta, bergantung pada jumlah penduduk di desa yang bersangkutan. Pada Pilkades serempak 2013, Pemkab hanya memberikan subsidi yang ditentukan berdasarkan jumlah hak pilih,” katanya.

Ketika Pilkades serempak bulan November 2013, Pemkab Rembang sempat membatasi biaya pilkades per desa yang sebesar empat kali lipat dari subsidi. Namun bagi desa dengan jumlah pemilih lebih dari 5.000, boleh hingga enam kali lipat.

Saat itu, subsidi ditentukan berdasarkan pada jumlah pemilih. Bagi desa dengan jumlah pemilih kurang dari 1.500, subsidinya Rp5,5juta, 1.500 hingga 3.500 pemilih, subsidinya enam juta rupiah, dan di atas 3.500, subsidinya Rp6,5juta.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan