Yuk Simak! Ini Daftar Tarif Pembuatan SIM Baru-Perpanjang

Kamis, 11 Agustus 2022 | 14:02 WIB

Ilustrasi. (Foto: Mukhammad Fadlil)

 

KOTA, mataairradio.com – Pihak Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Rembang merilis tarif penerbitan surat izin mengemudi atau SIM baru dan perpanjang.

Melalui akun resmi instagram milik Satlantas Polres Rembang, disebutkan sejumlah tarif berbagai kelas surat izin mengemudi atau SIM, mulai dari kelas D hingga A.

Berikut daftar tarif penerbitan SIM baru:
SIM A tarifnya Rp120 ribu;
SIM A Umum tarifnya Rp120 ribu;
SIM BI tarifnya Rp120 ribu;
SIM BI Umum tarifnya Rp120 ribu;
SIM BII tarifnya Rp120 ribu;
SIM BII Umum tarifnya Rp120 ribu;
SIM C tarifnya Rp100 ribu;
SIM D tarifnya Rp50.

Sedangkan untuk tarif penerbitan SIM yang perpanjangan:
SIM A tarifnya Rp80 ribu;
SIM A Umum tarifnya Rp80 ribu;
SIM BI tarifnya Rp80 ribu;
SIM BI Umum tarifnya Rp80 ribu;
SIM BII tarifnya Rp80 ribu;
SIM BII Umum tarifnya Rp80 ribu;
SIM C tarifnya Rp75 ribu;
SIM D tarifnya Rp30.

Selain tarif penerbitan SIM, ada pula tarif untuk pelayanan ujian keterampilan mengemudi melalui simulator, yakni sebesar Rp50 ribu.

Sementara itu, dilansir dari akun resmi instagram Satlantas Polres Rembang, ada lima tahapan dalam penerbitan SIM A dan C baru.

Namun sebelumnya, pemohon harus melengkapi sejumlah dokumen persyaratan terlebih dahulu. Yakni fotokopi E-KTP dua lembar, surat keterangan kesehatan dan surat keterangan psikologi.

Tahap yang pertama adalah di loket I yakni melakukan registrasi, mengisi formulir permohonan penerbitan SIM baru yang sudah disediakan. Melampirkan masing-masing dokumen persyaratan, setelah itu menyerahkan ke petugas loket I.

Selanjutnya tahap ke-02, yaitu melakukan pembayaran SIM sesuai dengan tarif PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) melalui petugas bank BRI.

Setelah menyelesaikan tahapan tadi, kemudian pemohon diarahkan menuju ruang rekam data atau identifikasi. Yakni pengambilan foto, sidik-jari, dan tanda tangan.

Barulah kemudian pemohon akan mengikuti sejumlah tes. Tes yang pertama adalah ujian teori, jika pada tahapan ini pemohon ternyata tidak lolos, maka akan diminta mengulang kembali setelah tujuh, 14, dan 30 hari.

Sedangkan apabila dinyatakan lulus maka akan melanjutkan ke tahap tes berikutnya. Yaitu ujian praktik.

Sama seperti pada tahap ujian teori, jika pemohon tidak lolos pada tahap ujian praktik, maka akan diminta mengulang kembali setelah tujuh, 14, dan 30 hari. Dan uang yang sebelumnya sudah dibayarkan akan dikembalikan di loket II.

Namun apabila pemohon lolos, barulah diarahkan ke loket II yakni proses cetak dan pengambilan SIM.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan