Jelang Penghujan, Fatayat Rembang Kampanye Perilaku Hidup Bersih

Jumat, 8 November 2013 | 15:25 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

KALIORI, MataAirRadio.net – Organisasi wanita muda Islam atau fatayat Nahdlatul Ulama Kabupaten Rembang mengampanyekan perilaku hidup bersih dan sehat melalui pelatihan kader desa siaga. Kampanye tersebut salah satunya mengingat segera datangnya musim penghujan di kabupaten ini.

Jumat (8/11) pagi, pelatihan kader siaga digelar di Balai Desa Banggi Kecamatan Kaliori. Sekitar 50 orang kader fatayat NU dari desa setempat dan ditambah dari Desa Pengkol dan Sambiyan, digeladi tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Sebelumnya, pelatihan serupa telah digelar di Kecamatan Rembang.

Ketua Pengurus Anak Cabang Fatayat Kaliori Masfufah yang didampingi Sekretarisnya Ristatik mengatakan, perilaku hidup bersih dan sehat masih belum diterapkan maksimal di mayoritas desa di kecamatan setempat. Melalui pelatihan tersebut, kesadaran warga diharapkan akan tergugah.

Menurut keduanya, kader desa siaga digeladi dengan sejumlah tugas mulai pemberantasan penyakit menular, kesehatan ibu dan anak, serta soal gizi. Fatayat sengaja digandeng oleh Pemerintah dalam hal ini dinas kesehatan, untuk turut membumikan gerakan PHBS.

Kepala Dusun Banggi Suparman menambahkan, pelatihan kader desa siaga akan memicu warga untuk bersiap terhadap antisipasi penyakit. Ia juga mengatakan, desanya tergolong rawan dari penyakit demam berdarah dan muntaber pada saat musim pancaroba seperti sekarang.

Keberadaan kader yang berasal dari fatayat ini diharapkannya bisa menjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang. Kerjasama itu antara lain dalam hal pelaporan kasus penyakit yang terjadi di desa setempat.

Menurut Suparman, kerjasama antara kader desa dengan pihak dinas terkait, akan memudahkan koordinasi dan penanganan terhadap suatu wabah penyakit. Ia menyebutkan, kader desa siaga diambilkan dari tiap rukun tetangga. Ada 13 orang dari 14 RT di Desa Banggi yang mengikuti pelatihan tersebut. Selain fatayat, kader posyandu pun diikutsertakan pada kegiatan ini.

Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang melakukan pelatihan terhadap sejumlah kader desa siaga aktif sebagai strategi untuk memfasilitasi dan mempercepat pencapaian peningkatan derajat kesehatan seluruh masyarakat.

Pelatihan ini dilakukan untuk mempercepat terwujudnya masyarakat desa dan kelurahan yang peduli, tanggap, dan mampu mengenali, mencegah, serta mengatasi permasalahan kesehatan yang dihadapi secara mandiri, sehingga derajat kesehatan masyarakat meningkat. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan