50 Santri Belajar Jurnalistik dari Radio

Rabu, 9 Januari 2013 | 17:55 WIB
50 orang santri Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin belajar jurnalistik radio

50 orang santri Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin belajar jurnalistik.

REMBANG – MataAirRadio.net, Sebanyak 50 orang santri Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin atau Taman Pelajar Islam (TPI) Leteh Rembang belajar jurnalistik dari Radio.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 9 sampai 10 Januari 2013 di Aula Pondok Pesantren yang diasuh KH Mustofa Bisri tersebut.

Ketua Pengurus Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang, Muhammad Arwani Amin mengatakan, kegiatan yang diikuti masing-masing oleh 25 santri putra dan putri tersebut diharapkan untuk menghidupkan kembali media informasi yang telah dimiliki yaitu “mimbar bebas dan samaro”.

Pihaknya berharap, para santri itu bisa menulis lebih baik sehingga di kemudiannya akan diterima hangat, baik oleh kalangan santri sendiri maupun masyarakat luas.

Hal senada juga disampaikan oleh penggagas kegiatan tersebut H Muhammad Bisri Cholil Laquf, atau lebih akrab disapa Gus Gipul. Ia mengatakan, ilmu-ilmu yang telah diajarkan di pesantren semestinya bisa langsung diaplikasikan dalam bentuk karya tulis.

Kurangnya keberanian dan wawasan santri mengenai dunia tulis menulis, menurutnya, adalah hal yang mendasar dan menjadi landasan diadakannya kegiatan tersebut.

Pendiri Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang, KH Bisri Mustofa lewat karya besarnya kitab Al-Ibriz, tafsir Alquran berbahasa Jawa, katanya, bisa pula menjadi inspirasi para santri untuk selalu belajar menulis.

Hasil dari kegiatan itu, diharapkannya bisa mengembalikan semangat para santri bisa untuk menulis bahkan bisa menembus media-media besar. Bahkan tidak menutup kemungkinan, nantinya pesantren bisa membuat dan memiliki media sendiri seperti majalah ataupun buletin.

Awak MataAir Radio didapuk sebagai mentor pada kegiatan tersebut. Pujianto, pemimpin redaksi sekaligus news reader memberikan materi Teknik Menulis dan Reportase, sedangkan Day Milovich, web master di MataAir Radio memberikan materi Penulisan Fiksi serta Publikasi dan Gagasan di Internet. (Wahyu Salvana)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan