Jemaah Haji Rembang Pulang Sesuai Rencana

Kamis, 24 Oktober 2013 | 13:57 WIB
Atho'illah Muslim, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh pada Kementerian Agama Rembang.

Atho’illah Muslim, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh pada Kementerian Agama Rembang.

REMBANG, MataAirRadio.net – 503 orang jemaah haji asal Kabupaten Rembang dipastikan pulang sesuai rencana dari Tanah Suci. Berdasarkan informasi dari pihak Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, tidak ada jemaah yang terpaksa harus dipulangkan lebih awal karena sakit, seperti yang terjadi pada salah seorang anggota jemaah haji asal Kabupaten Grobogan.

Sampai dengan Kamis (24/10) ini, jemaah haji Rembang tengah menyelesaikan ibadah arbain di Madinah. Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang Atho’illah Muslim mengungkapkan, kondisi dari keseluruhan jemaah haji asal kabupaten ini, sehat.

Pihaknya secara intensif memantau kondisi kesehatan dan keadaan terkini dari jemaah haji, melalui tim pemandu haji Indonesia Rembang. Seperti diketahui, anggota jemaah haji asal Rembang bernama Sukarti, warga Kebloran Kecamatan Kragan dan Siti Khotimah warga Desa Sarangmeduro Kecamatan Sarang sempat sakit, sehingga perkembangannya dipantau.

Sementara itu mengenai kelancaran para jemaah dalam menunaikan ibadah haji, menurut Atho’illah, secara umum cenderung lancar. Anggota jemaah haji asal Rembang yang didenda akibat merokok secara sembarang tempat, nyaris tidak ada laporan.

Hanya memang, lantaran pelaksanaan ibadah haji yang dipilih adalah haji tamattu, jemaah haji sulit terelakkan dari denda. Disebut tamattu karena seorang dapat memanfaatkan waktunya untuk menunaikan dua macam ibadah pada bulan haji dalam satu tahun, tanpa kembali ke negerinya.

Atho’illah menambahkan, sesuai rencana, jemaah haji Rembang akan tiba kembali ke Tanah Air melalui Debarkasi Solo. Jemaah di Kloter 44 dijadwalkan tiba pada hari Jumat 8 November jam 11 lebih 18 menit, Kloter 45 direncanakan tiba pada hari Sabtu pagi 9 November jam lima lebih 18 menit, sedangkan Kloter 45 bakal tiba juga pada hari Sabtu siang tanggal yang sama, jam 12 lebih 18 menit.

Terkait dengan kepulangan jemaah haji ke Rembang, Atho’illah kembali mengimbau kepada keluarga jemaah agar menunggu saja di titik konsentrasi kecamatan. Mereka tidak disarankan menjemput jemaah haji, apalagi sampai ke Debarkasi Solo, dengan alasan keselamatan. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan