Abrasi di Kragan Mengganas

Jumat, 16 November 2012 | 15:12 WIB

Sebagian Wilayah Kragan

KRAGAN – MataAirRadio.net Abrasi parah melanda Desa Kragan Kecamatan Kragan. Kini, abrasi bahkan mengganas dan terancam menggerus tempat pemakaman umum warga setempat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Rembang bahkan mencatat, bibir makam sudah tergerus hingga 15 meter dan laju abrasi sudah segera mencium pekuburan.
Kepala BPBD Kabupaten Rembang, Suharso menyatakan tengah menyiapkan penanganan dengan tanggul pemecah gelombang atau breakwater setinggi di Dusun Cerbung Kecamatan Sarang.
Sebenarnya, kata Suharso, warga Kragan menghendaki penanganan abrasi dengan model grow in. Namun, menurutnya, model tersebut berbiaya cukup mahal dan sulit tercukupi anggaran dari pemerintah kabupaten ini.

Dengarkan rekaman disini.

Abrasi yang melanda wilayah Pesisir Rembang sejauh ini tidak hanya menggerus pesisir Kragan, tetapi yang terparah terjadi di Dusun Cerbung Desa Temperak Kecamatan Sarang.

Di Cerbung, tidak hanya tempat pemakaman umum warga yang digulung abrasi, belasan rumah juga diketahui ambruk akibat gerusan dan gempuran ombak.
Pada kasus abrasi di Cerbung itu, BPBD Kabupaten Rembang sudah turun tangan. Namun penanganannya belum maksimal, sehingga abrasi masih mengancam. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan