KKN Tematik UPI 2022: Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Ecobrick di SDN Pucung V Kotabaru Karawang Jawa Barat

Selasa, 9 Agustus 2022 | 13:24 WIB

KKN Tematik UPI 2022 di SDN Pucung V, Kotabaru, Karawang, Jawa Barat. (Foto: Nova Indah Permatasari)

 

KARAWANG, mataairradio.com – Pada tahun 2022 Universitas Pendidikan Indonesia mengadakan KKN (Kuliah Kerja Nyata). KKN dilaksanakan mulai tanggal 11 Juli sampai 11 Agustus 2022.

KKN akan dilaksanakan secara online ditempat tingal masing-masing. Universitas Pendidikan Indonesia memilih tema mengenai “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG’s Desa dan MBKM” untuk KKN Tematik 2022.

SDG’s adalah pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang inklusif dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas kehidupan dari satu generasi ke generasi selanjutnya.

Tema yang akan dibawakan oleh kelompok 180 adalah “Desa Peduli Pendidikan”. KKN akan dilaksanakan di SDN Pucung V, Kotabaru, Karawang, Jawa Barat.

Hal yang pertama dilakukan adalah mengadakan sosialisasi kepada Siswa kelas lima SDN Pucung V mengenai ecobrick.

Terdapat point-point penting yang disampaikan kepada siswa dalam sosialisasi ekobrik antara lain; (1) Pengertian ecobrick. Ecobrick adalah metode untuk meminimalisir sampah dengan media botol plastik yang diisi dengan limbah anorganik (limbah yang tidak dapat diurai atau diurai hingga benar-benar keras dan padat, (2) Tujuan ecobrick. Eecobrick bertujuan mengelola sampah plastik plastik untuk menjadi hal yang bermanfaat.

(3) Manfaat ecobrick. Eecobrick bermanfaat untuk meminimalisir sampah plastik, (4) Cara membuat ecobrick. Mengumpulkan botol plastik, mengumpulan sampah anorganik untuk diisikan kedalam botol plastik, bentuk botol plastik sesuai dengan apa yang kita inginkan. Sosialisasi ini berjalan selama 3 hari dimulai dari tanggal 26 Juli-28 Juli 2022.

Elloco salah satu siswa kelas lima SDN Pucung V mengatakan, “Ecobrick merupakan pengalaman baru menyenangkan, seru dan bermanfaat, kita juga dapat mengurangi sampah plastik yang ada disekitar kita.”

Melalui kegiatan tersebut diharapkan anak lebih peduli dan lebih peka lagi terhadap lingkungan sekitar. Bukan hanya itu kegiatan ecobrick juga mampu meningkatkan kreativitas pada anak, dan mengajarkan anak bagaimana cara mengubah barang bekas menjadi hal yang bermanfaat.

 

 

(Artikel ini ditulis oleh Nova Indah Permatasari mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dari Kelompok 180, peserta KKN Tematik UPI 2022. Hal-hal yang menyangkut di dalam tulisan artikel ini, sepenuhnya tanggungjawab penulis.)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan