Tim Siaga Bencana Bersih-Bersih Sungai

Kamis, 18 Desember 2014 | 15:02 WIB

 

Tim siaga bencana dari sejumlah instansi menggelar aksi bersih-bersih di sungai Desa Tasikharjo Kecamatan Kaliori pada Kamis (18/12) pagi sekitar pukul 10.00 WIB. (Foto:mataairradio.com)

Tim siaga bencana dari sejumlah instansi menggelar aksi bersih-bersih di sungai Desa Tasikharjo Kecamatan Kaliori pada Kamis (18/12/2014) pagi sekitar pukul 10.00 WIB. (Foto:mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Tim siaga bencana dari sejumlah instansi menggelar aksi bersih-bersih di sungai pada Kamis (18/12/2014) pagi sekitar pukul 10.00 WIB. Puluhan petugas itu berasal dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang, Polsek dan Koramil Kaliori serta Unit Bantuan Pertolongan Pramuka (Ubaloka) Kwartir Cabang 11.17 Rembang. Mereka tampak antusias dan bersemangat membersihkan sungai dari tumpukan sampah.

Saat ditemui di kawasan Sungai Desa Tasikharjo Kecamatan Kaliori, Kepala BPBD Rembang Suharso menjelaskan aksi bersih-bersih sungai itu bertujuan untuk menggugah semangat masyarakat untuk peduli lingkungan dan mencegah terjadi bencana banjir. Saat membersihkan tumpukan sampah di Jembatan Desa Tasikharjo, Suharso mengaku harus mengerahkan satu unit truk untuk menarik sampah yang terdapat di bawah jembatan. Harapannya aliran air tidak meluap ke areal tambak milik warga dan tidak merugikan masyarakat sekitar.

Suharso menyebutkan aksi bersih-bersih sampah di sungai ini juga dilakukan di kawasan Sungai Desa Sambiyan Kecamatan Kaliori dan Sungai Bagan Desa Babagan Kecamatan Lasem. Pihaknya berharap agar masyarakat mau bergotong-royong membersihkan sampah secara mandiri tanpa harus menunggu komando dari pemerintah desa maupun pihak BPBD.

Kapolsek Kaliori AKP Sunarmin mengaku menerjunkan 10 anggotanya untuk ikut berpatisipasi membersihkan sungai. Pihaknya berharap upaya tersebut bisa memberikan contoh kepada masyarakat serta mencegah dampak sosial yang lebih besar dari bencana banjir. Dia juga berharap pada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, khususnya di sungai. Selain menyumbat aliran air, tumpukan sampah sangat berpotensi besar menyebabkan banjir.

 

Penulis : Pujianto
Editor: Wahyu Salvana




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan