Tarik Minat Pemuda Bertani Puluhan Traktor Kembali Dibagikan

Kamis, 18 Februari 2016 | 18:52 WIB
30 traktor tangan bantuan dari Kementerian Pertanian yang siap dibagikan kepada kelompok tani di Kabupaten Rembang. (Foto: Mukhammad Fadlil)

30 traktor tangan bantuan dari Kementerian Pertanian yang siap dibagikan kepada kelompok tani di Kabupaten Rembang. (Foto: Mukhammad Fadlil)

 

REMBANG, mataairradio.com – 30 unit traktor tangan bantuan dari Kementerian Pertanian akan kembali dibagikan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Rembang antara lain untuk menarik minat para pemuda daerah ini di sektor pertanian.

Selain traktor tangan, menurut Kepala Seksi Usaha Tanaman Pangan dan Hortikultura Ika Himawan Affandi, Kamis (18/2/2016) pagi, akan dibagikan juga 40 unit mesin perontok dan 19 unit alat penanam padi.

“Kalau mesin perontok dan alat penanam baru akan dibagikan setelah traktor,” katanya kepada reporter mataairradio.

Sebelum dibagikan, para kelompok tani calon penerima akan diberikan sosialisasi. Ika menyebutkan, sosialisasi tersebut akan dilakukan usai festival buah yang digelar 23 Februari mendatang.

Kepala Seksi Usaha Tanaman Pangan dan Hortikultura menjelaskan, bantuan alat mesin pertanian atau alsintan ada dua sumber, yaitu dari APBN dan dari APBD.

“Untuk bantuan dari APBN, kelompok tani yang membutuhkan, bisa mengajukan proposal ke Kementerian Pertanian,” tandasnya.

Sementara untuk bantuan dari APBD kabupaten, kelompok tani mesti mengajukan kepada Bupati Rembang. Selanjutnya, proposal akan diseleksi dan nantinya didisposisi ke Dinas Pertanian dan Kehutanan.

“Tahun ini, juga ada 55 unit bantuan traktor tangan dari Pemkab Rembang,” ujarnya.

Gelombang bantuan traktor tangan diberikan kepada kelompok tani juga untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengolahan lahan.

Tujuan akhir dari bantuan-bantuan itu, menurutnya untuk mewujudkan swasembada pangan.

Kepala Distanhut Rembang Suratmin menegaskan, dengan traktor tangan pengolahan lahan pertanian bisa lebih efisien. 1 traktor tangan mampu mengolah lahan 25 hektar tiap musim.

Untuk mengolah 29.856 hektare sawah dan 34.256 hektare tegalan perlu 2.564 unit traktor tangan. Dengan tambahan bantuan 30 unit, maka kini sudah 1.115 unit traktor tangan yang dibagikan ke petani di Kabupaten Rembang.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan