Rembang Pasang Kamera Canggih Pengintai Penjahat Jalanan

Sabtu, 18 Januari 2014 | 14:52 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

REMBANG, MataAirRadio.net – Pemerintah Kabupaten Rembang memasang unit kamera pengintai canggih jenis internet protocol camera di tiga titik jalur pantura daerah ini. Kamera tersebut dipasang di kawasan Tugu Adipura Kota Rembang, kawasan Perempatan Lasem, dan wilayah Polsek Sluke.

Internet protocol kamera berbeda dari CCTV. Gambar yang ditangkap oleh IP-camera lebih jelas dan tajam ketimbang CCTV. Internet protocol camera bisa secara otomatis melakukan perbesaran gambar atau zoom jika ada gerakan tertentu.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Rembang Suyono mengatakan, IP-camera dipasang untuk mengetahui kondisi arus lalu lintas terkini. Jika terjadi sesuatu misalnya macet di jalanan, langkah cepat bisa segera diambil.

Suyono menambahkan, pemasangan kamera serupa akan juga dilakukan di titik lainnya. Namun pihak Dinas Perhubungan mengaku bakal melakukan pemasangan secara bertahap di titik lain.

Dia juga mengatakan, kamera tersebut akan pula dimanfaatkan sebagai pengintai penjahat jalanan. Salah satu fitur di IP-camera membuat kemungkinan sebuah kejadian tertangkap lebih detail dan lebih jelas.

Selain itu, dengan fitur smart zoom, maka bisa mengurangi jumlah kamera yang dibutuhkan untuk melakukan pengawasan jarak jauh dan jarak dekat. Pengendalian pengawasan kamera canggih ini dipusatkan di Makolantas Polres Rembang.

Internet protocol camera juga memiliki fungsi pendeteksi wajah atau face detection. Dengan fitur ini akan bisa dibedakan objek gerakan. Jika objeknya manusia, maka IP-camera akan melakukan zoom tepat ke wajah orang tadi dan mengikuti gerakannya.

Sebaliknya, jika ternyata binatang misalnya anjing, maka kamera tidak akan melakukan zoom. Polisi perlu mengoptimalkan fungsi kamera ini untuk mengungkap pelaku tindak kejahatan, misalnya pelaku pembobolan mobil di kompleks Masjid Annur Kasingan pada Jumat kemarin (17/1). (Pujianto)




2 comments
  1. lurah

    Januari 18, 2014 at 3:18 pm

    kecelakaan itu bkan karena tidak ada kamera, karena jalan yang buruk berlubang dan kurang penerangan jalan.. apa hubungannya dengan kamera? memang dgn menganggap rakyat bodoh tidak tahu harga kamera menjadikan korupsi dan mark up gampang dilaukan??

    Reply
  2. suri

    Januari 18, 2014 at 3:20 pm

    jalan dalam kota berlubang menganga. jalan sumber hancur mina, jalan rembang blora sudah menelan banyak nyawa!!! TAPI PEJABAT DIREMBANGMASIH ASYIK SAJA KORUPSI HARGA KAMERA!!

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan