Rekap Suara PPK Tuntas, Plano Kunci Atasi Komplain

Jumat, 18 April 2014 | 15:27 WIB
Rekapitulasi perolehan suara  di tingkat PPS. (Foto:Rif)

Rekapitulasi perolehan suara di tingkat PPS. (Foto:Rif)

REMBANG, MataAirRadio.net – Rekapitulasi suara secara manual dari tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Kabupaten Rembang, Jumat (18/4) pagi, masuk ke komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten.

PPK Rembang Kota menjadi yang terakhir memasukkan hasil rekapitulasi suara hasil Pemilu 2014 ke KPU Kabupaten Rembang. PPK Kota memerlukan waktu hingga tiga hari untuk menuntaskan rekapitulasi.

Komisioner KPU Kabupaten Rembang Maftuhin menjelaskan, faktor stamina dan jumlah suara yang dihitung dari 34 desa/kelurahan menjadi sebab lamanya rekap. Pihaknya memastikan tidak ada kendala misalnya komplain dari saksi yang menyebabkan lamanya waktu rekapitulasi.

Matuhin juga menjelaskan, pihaknya akan melanjutkan rekapitulasi suara secara manual tingkat kabupaten, mulai 19 April ini. Dia berhitung target waktu tiga hari atau hingga 21 April 2014, untuk merampungkan rekap.

Diterangkannya, rekap manual tingkat KPU dilakukan berdasarkan formulir model DA atau hasil rekap dari tingkat PPK. Dia mengklaim, tak ada manipulasi suara saat rekapitulasi pada tingkat kecamatan. Sebab, setiap saksi juga mendapat salinan hasil penghitungan yang sama.

Meski demikian, apabila terjadi selisih, maka secara bertahap akan dicek hasil penghitungan suara di level bawahnya. Kunci terakhir dari tiap komplain adalah formulir model C1 plano di tingkat TPS, sebagai data paling otentik.

Menurut rencana, rekapitulasi tingkat KPU akan dilakukan di Sanggar Budaya Kompleks Museum Kartini Rembang mulai jam sembilan pagi. Pihak KPU menyiapkan semua logistik yang dibutuhkan untuk penghitungan.

Maftuhin menegaskan, selain formulir model DA dan plano dari PPK, disiapkan pula formulir model D dari setiap PPS (panitia pemungutan suara). Jika yang krusial, dimungkinkan pula untuk membuka C1 plano. Nantinya, hasil rekap tingkat KPU dituangkan dalam formulir model DB. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan