Rapimgab Putuskan Dahulukan Pelantikan Sumarsih

Selasa, 7 Oktober 2014 | 13:36 WIB
Wakil Ketua DPRD Bisri Cholil Laquf. (Foto:Pujianto)

Wakil Ketua DPRD Bisri Cholil Laquf. (Foto:Pujianto)

REMBANG, mataairradio.com – Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) Fraksi di DPRD Kabupaten Rembang akhirnya sepakat mendahulukan pelantikan Sumarsih, anggota dewan terpilih dari PDI Perjuangan pada Kamis (9/10/2014) depan. Sebelumnya Ketua DPRD Rembang sempat akan mendahulukan pembentukan Badan Musyawarah.

“Akhirnya kita bersepakat untuk mendahulukan pelantikan saudari Sumarsih. Secara ketentuan, pelantikan bisa dilakukan dan tidak melanggar ketentuan (PP Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah tentang Tata Tertib, red.),” ungkap Wakil Ketua DPRD Bisri Cholil Laquf, Selasa (7/10/2014) pagi.

Setelah melantik Sumarsih nanti, DPRD akan melanjutkannya dengan menggelar rapat paripurna penetapan tata tertib DPRD periode 2014-2019. Laquf juga menekankan, penyusunan alat kelengkapan DPRD akan dilakukan setelah melantik Sumarsih.

“Intinya, setelah diresmikan melalui paripurna pengucapan sumpah/janji, pimpinan DPRD bisa melantik Sumarsih sebagai anggota DPRD. Setelah itu, baru dilakukan penetapan tatib dan dilanjutkan dengan penyusunan alat kelengkapan mulai komisi dan sejumlah badan di DPRD,” tandas politisi PKB ini.

Sekretaris Fraksi Partai Gerindra Puji Santoso pun mengatakan, mendahulukan pelantikan Sumarsih daripada menyusun alat kelengkapan DPRD seperti Badan Musyawarah, tidak melanggar ketentuan.

“Selagi tatib (tata tertib, red.) DPRD belum ditetapkan, belum ada ikatan di dewan. Sementara setelah diresmikan kemarin (6/10/2014), pimpinan DPRD bisa langsung melantik Sumarsih. Ya kita sepakat untuk dahulukan pelantikan agar Sumarsih bisa masuk ke alat kelengkapan,” katanya.

Dengan keputusan Rapimgab tersebut, pada hari Selasa (7/10/2014) dan Rabu (8/10/2014), DPRD Rembang tak menggelar satu pun rapat istimewa. Dan seperti diketahui, Sumarsih adalah anggota DPRD terpilih dari PDI Perjuangan Dapil Sumber-Kaliori. Dia tak turut dilantik bareng 44 anggota DPRD lain karena kala itu absen menjalani persalinan anak ketiganya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan