Seluruh Puskesmas di Rembang Buka 24 Jam Selama Lebaran

Kamis, 17 Juli 2014 | 14:39 WIB
Puskesmas Sluke. (Foto:Rif)

Puskesmas Sluke. (Foto:Rif)

REMBANG, MataAirRadio.net – Seluruh pusat kesehatan masyarakat atau puskesmas di Kabupaten Rembang diinstruksikan membuka layanan 24 jam selama masa Lebaran nanti. Mereka diminta siaga, meski hari libur nasional maupun saat cuti bersama.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang Ali Syofii menjelaskan, instruksi tersebut memungkinkan dilaksanakan karena seluruh puskesmas telah siap dengan pelayanan 24 jam yang terintegrasi dengan pemudik. Siaga 24 jam berlaku untuk puskesmas rawat inap dan yang non-rawat inap, termasuk RSUD.

Penyiagaan puskesmas 24 jam ditempuh, karena pemudik tidak hanya mengakses Jalur Pantura, tetapi juga jalur alternatif di Kabupaten Rembang. Pemudik yang membawa keluarganya dan memerlukan layanan kesehatan, tetap perlu diantisipasi.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah dr R Soetrasno Rembang Agus Setyo Hadi Purwanto menyatakan kesiapannya untuk menyambut arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini. Kesiapan instalasi gawat darurat, ruang radiologi, dan kamar rawat inap, telah diperiksa.

Bahkan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah meninjau sendiri tingkat kesiapan rumah sakit milik pemerintah ini, dalam persiapan pelayanan pemudik selama masa Lebaran nanti. Intinya, rumah sakit dalam kondisi siap.

Agus menegaskan bahwa rumah sakit siap memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Hingga Kamis (17/7) ini, persediaan obat dan peralatan sudah ditingkatkan dan siap. Demikian juga untuk tenaga medis, sudah diatur dalam jadwal jaga.

Sebelumnya, Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Jawa Tengah Joko Supriyanto menilai, rumah sakit di Rembang sudah siap, baik dari sisi persediaan obat-obatan dan pelayanan. Selain itu dinas kesehatan juga sudah menyiapkan tenaga medis dalam menghadapi arus mudik dan arus balik.

Joko menekankan, puskesmas yang berada di jalur pantura akan beroperasi 24 jam untuk melayani masyarakat selama arus mudik, H-7 hingga arus balik selesai atau H+7 Lebaran. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan