PPK Pilkada Dua Kecamatan Tanpa Wakil Perempuan

Sabtu, 9 Mei 2015 | 17:26 WIB
Calon Anggota PPK Pilkada Rembang 2015 Kecamatan Pancur dan Kragan tanpa keterwakilan perempuan. (Foto: mataairradio.com)

Daftar Calon Anggota PPK Pilkada Rembang 2015 Kecamatan Pancur dan Kragan tanpa keterwakilan perempuan. (Foto: mataairradio.com)

 
REMBANG, mataairradio.com – Setelah sempat alot, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang akhirnya menetapkan lima calon anggota panitia pemilihan di masing-masing kecamatan (PPK) untuk Pilkada 2015.

Namun anggota PPK di dua kecamatan, tidak diwakili satu pun perempuan.

Ketua KPU Rembang Minanus Suud menjelaskan, proses alot terjadi ketika setiap komisioner memiliki penilaian sendiri-sendiri terhadap setiap peserta tes wawancara.

“Ada beberapa peserta yang mampu menjawab dengan baik ujian pada kasus tertentu, tetapi tidak mampu di kasus lain,” katanya kepada mataairradio.

Setiap peserta digali kemampuannya terkait teknis kepemiluan, regulasi, dan pengalamannya sebagai penyelenggara pemilu.

“Namun setelah melalui rapat pleno yang berlangsung hingga jelang tengah malam, akhirnya diputuskan 70 orang PPK terpilih untuk pelaksanaan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati 2015,” katanya.

Ketua KPU mengaku mengorek banyak tanggapan masyarakat terhadap hampir setiap peserta.

“Sebagian masyarakat ada yang mendukung, tetapi juga ada yang meminta agar seseorang peserta tidak diloloskan,” ungkapnya.

Tetapi acuan dari masyarakat itu, tetap harus dikembalikan kepada ketentuan yang berlaku.

Beberapa pengaduan yang mencolok untuk dikroscek adalah laporan yang menyebut salah satu peserta disinyalir merupakan anggota PPK dua periode.

“Namun setelah dicek, ternyata yang bersangkutan menjabat dalam satu periode; 2010-2015, sehingga masih bisa masuk,” katanya.

Terhadap satu orang mantan caleg dari PDI Perjuangan Dapil Kragan-Sluke yang sempat lolos dari seleksi administrasi, akhirnya diketahui tidak lolos dari seleksi wawancara.

Suud mengaku akan melantik 70 orang anggota PPK secara serentak bareng dengan anggota PPS pada 18 Mei mendatang.

Berdasarkan pantauan dari nama-nama PPK terpilih, rata-rata merupakan wajah baru.

Secara latar belakang, ada yang merupakan mantan panitia pengawas di level kecamatan, guru, perangkat desa, dan jurnalis.

Soal keterwakilan perempuan, dari Pancur sempat ada tiga orang di 10 besar dan Kragan dua orang.

“Tes wawancara kemarin, dari total 140 peserta yang mestinya diseleksi untuk kali terakhir, ada satu orang dari Sale yang absen dan otomatis gugur,” ujar Komisioner KPU Rembang Maftuhin.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan