Pilkades Serempak Rembang Bisa Digelar Sebelum Pilkada

Sabtu, 1 November 2014 | 16:10 WIB
Ilustrasi surat suara pilkades.

Ilustrasi surat suara pilkades.

 

REMBANG, mataairradio.com – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serempak pada tahun 2015 di Kabupaten Rembang berpotensi akan digelar sebelum Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada.

Kepala Sub-Bagian Tata Pemerintahan Desa Sekretariat Daerah Kabupaten Rembang Gunari menjelaskan, potensi Pilkades sebelum Pilkada lantaran ada beberapa desa yang hingga saat sekarang, sudah cukup lama dipimpin oleh Penjabat Kades.

Menurutnya, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Pemerintah (PP) pendukungnya memang tidak membatasi masa jabatan Penjabat Kades. Namun jika peraturan teranyar untuk menggelar Pilkades sudah jelas, pihaknya merasa perlu menyegerakan.

“Selain itu, pertimbangan pelaksanaan Pilkades sebelum Pilkada 2015, juga lantaran jumlah desa yang akan melakukan pemilihan kades secara serempak, tidak sebanyak di tahun 2013,” kata Gunari yang dihubungi mataairradio.com pada Sabtu (1/11/2014) siang.

Tahun 2013, ada 241 desa yang menggelar Pilkades secara serempak. Namun dalam perkembangannya, tiga desa, yakni Dadapmulyo dan Babak Tulung Kecamatan Sarang serta Kajar Kecamatan Gunem, urung menggelar Pilkades, karena bermasalah dengan prosesnya.

“Sementara pada tahun depan, desa yang kita data untuk Pilkades serempak, hanya sekitar 41 desa. Jumlah itu memang bisa bertambah, jika pelaksanaan Pilkades serempak digelar pada bulan Juli. Tambahannya sekitar empat, sehingga menjadi 45 desa. Secara pengamanan juga tak terlalu menyita,” katanya.

Saat sekarang, kata Gunari, pihaknya hanya perlu untuk segera membuat rancangan peraturan daerah yang baru, sebagai pengganti Perda Nomor 2 Tahun 2013 tentang Pilkades.

“Gambaran Raperdanya sudah kita buat. Tinggal dibahas saja nanti. Begitu regulasinya siap, kita jalan. Bisa Maret atau April 2015. Itu pun kalau kita bicara hanya 41 desa. Namun jika kades yang akhir jabatannya dekat dengan bulan di depannya itu mau diadopsi sekalian, bisa saja digelar di Juli,” tandasnya.

 

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan