Pemprov Jateng Dorong Penggunaan Produk Buatan Negeri Terus Ditingkatkan

Jumat, 5 November 2021 | 09:53 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat Sosialisasi Program P3DN (Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri) pada pengadaan barang dan jasa pemerintah di Hotel Gumaya, Semarang, Kamis (4/11/2021). (Foto: mataairradio.com/Humas Pemprov Jateng)

 


SEMARANG, mataairradio.com –
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo segera membentuk tim Satgas TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) untuk mendorong produk lokal makin berkualitas. Di sisi lain, Ganjar menyebut pemerintah juga perlu menjadi offtaker agar penyerapan produknya cepat.

Hal itu disampaikan Ganjar usai acara Sosialisasi Program P3DN (Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri) pada pengadaan barang dan jasa pemerintah di Hotel Gumaya, Semarang, Kamis (4/11/2021). Ganjar mengatakan, sosialisasi ini sangat penting bagi industri lokal agar bisa bersaing.

“Sertifikat TKDN menjadi penting, kita tahu sebenarnya produk-produk Indonesia itu certified atau tidak, dengan sertifikasi kita tahu kualitas, setelah itu kita tarik ke siapa yang bisa menggunakan atau memanfaatkan ini,” kata Ganjar.

Setelah sertifikasi, lanjut Ganjar, pemerintah berperan menjadi pemegang kendali. Dalam hal ini sebagai off-taker agar terjadi percepatan dalam penyerapan produk dari industri-industri yang sudah tersertifikasi.

Ganjar juga mengingatkan pentingnya produk yang sudah tersertifikasi TKDN agar dimasukkan ke e-katalog. Sehingga saat pemerintah baik pusat maupun daerah akan belanja, produk mereka bisa dipilih alih-alih menggunakan produk asing.

“Nah harapan kita setelah acara tadi kita harapkan segera dibentuk satgas TKDN seluruh Jawa Tengah, nanti saya minta saya perintahkan semuanya agar kemudian bisa melakukan percepatan,” ujarnya.

Ganjar juga berpesan agar nantinya Satgas TKDN yang dibentuk benar-benar melayani perusahaan atau masyarakat yang memproses TKDN. Pelayanan tidak sekadar pengurusan namun juga konseling.

“Jangan dipersulit, berikan konseling kepada mereka agar kemudian mereka percaya diri untuk bisa meningkatkan kualitas produknya,” tegas Ganjar.

Dalam kesempatan itu, hadir sejumlah perusahaan dengan produk yang telah memiliki sertifikat TKDN. Salah satunya adalah produk stimuno, yang bahannya menggunakan Meniran dari Jawa Tengah. (*)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan