Musim Panen Tahun Ini Durian Criwik Melimpah

Jumat, 7 Januari 2022 | 13:47 WIB

Suryono seorang pengepul sekaligus pedagang buah durian Criwik, menjajakan dagannya di tepi jalan di Desa Criwik Kecamatan Pancur. (Foto: mataairradio.com)

 

PANCUR, mataairradio.com – Stok durian Criwik pada musim panen tahun ini terbilang melimpah. Hal itu diungkapkan oleh Suryono warga Desa Criwik Kecamatan Pancur, yang merupakan seorang pengepul durian lokal Rembang itu.

Meskipun secara kuantitas terbilang bagus, namun Suryono mengatakan kualitas durian Criwik pada masa panen kali ini dinilai kurang memuaskan.

Pasalnya, kebanyakan buah hasil panen rasanya “anyep” atau kurang manis dan daging buahnya cenderung tipis.

“Secara kuantitas bagus, melimpah. Tapi kalau soal rasa bagus tahun kemarin. Tahun ini buahnya banyak yang ‘anyep’ kurang manis, sama dagingnya itu tipis,” tuturnya kepada mataairradio.com baru-baru ini.

Walaupun begitu, Durian Criwik tetap menjadi idola bagi para penikmat buah yang memiliki tekstur kulit berduri itu.

Suryono juga mengungkapkan, penikmat buah durian tetap banyak berdatangan ke desanya. Terutama saat di penghujung pekan, pemburu durian mulai keluar-masuk memadati Desa Criwik, yang lokasinya berada di salah satu bukit  Pegunungan Lasem.

“Walah kalau pembeli tetap banyak. Terutama pas akhir pekan, itu mulai hari Jumat, kadang jam 12 sudah ludes, habis. Kita sehari bisa dapat 200 buah. Macam-macam ada yang dari Rembang sendiri, dari luar kota juga ada. Seperti kemarin dari Surabaya, borong banyak,” ungkapnya.

Harga durian Criwik sendiri beragam, kisarannya mulai dari Rp25 ribu hingga Rp100 ribu per buah. Harganya tergantung kualitas buahnya. Kalau ukurannya besar dan rasanya manis, serta tekstur daging buahnya tebal bisa Rp100 ribu lebih.

“Soal rasa kita garansi. Kalau nggak enak, buahnya kita ganti,” tegasnya.

Musim panen durian Criwik sudah berlangsung sejak pertengahan Desember 2021 kemarin dan diperkirakan puncaknya sampai pada Maret 2022.

Jumlah pohon durian di Desa Criwik, diperkirakan mencapai lima ribuan pohon.

Secara fisik, ukuran durian criwik memang terbilang lebih kecil dibanding durian pada umumnya. Tetapi, soal bentuk dan warnanya tak jauh berbeda dengan varian durian lainnya.

Dagingnya berwarna kuning dengan tekstur yang lebih pulen dan tebal jika dibanding dengan daging durian pada umumnya. Rasanya pun terasa lebih manis dan gampang dikenali karena rasanya yang khas.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil

Editor: Mukhammad Fadlil




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan