Masuki Musim Hujan, Pemprov Jateng Ancang-ancang Siaga Bencana

Selasa, 28 September 2021 | 21:11 WIB

Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: mataairradio.com)

SEMARANG, mataairradio.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) mulai ancang-ancang siaga bencana untuk menghadapi situasi darurat selama musim hujan berlangsung.

Kesiapsiagaan menghadapi bencana itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan pemetaan area di Jawa Tengah yang rawan terjadi bencana.

Bahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah sudah melakukan rapat beberapa hari lalu untuk memetakan daerah rawan itu.

Misalnya kesiapsiagaan di daerah pegunungan seperti wilayah eks Karesidenan Kedu ke arah Barat sampai Eks Karesidenan Banyumas.

“Ini rawan longsor maka kita harus edukasi kepada mereka (masyarakat). Kemudian daerah sekitar pegunungan karena seluruh wilayah di sekitar pegunungan itu rawan longsor termasuk di sekitar Soloraya karena ada Gunung Lawu dan beberapa daerah rawan longsor,” terang Ganjar.

Gubernur juga menyampaikan, pemetaan daerah rawan bencana juga mengarah pada daerah-daerah yang lebih rendah.

Menurutnya, itu juga sebagai kewaspadaan jikalau longsor tidak selesai diduga akan ada lepasan air yang menimbulkan genangan atau banjir di wilayah rendah.

“Semarang raya ini termasuk rawan banjir, Solo atau di sekitar Bengawan Solo itu juga rawan. Terus kemudian kita bisa cek seluruh sungai besar seperti Elo itu juga bisa rawan banjir. Kita musti menyiapkan atau siap siaga,” bebernya.

Dalam kesiapsiagaan itu, Ganjar menambahkan, harus ada koordinasi dengan pemerintah daerah, juga dengan SAR, PMI, TNI, Polri, sampai dengan BNPB dan BPBD-nya.

“Tadi siang di Jawa Tengah juga ada BAZNAS siaga bencana. Ini merupakan bentuk partisipasi masyarakat yang cukup bagus. Kalau bisa dikonsolidasikan maka tidak hanya soal mitigasi pencegahan tapi seandainya terjadi tanggap darurat mereka cukup terlatih untuk itu termasuk search and rescue-nya,” imbuhnya.

Hal itu disampaikan Gubernur Ganjar, seusai menghadiri pembukaan Pelatihan Manajemen Baguna PDI Perjuangan secara daring, pada Selasa (28/9/2021).

 

 

Penulis: Mukhammad Fadlil

Editor: Mukhammad Fadlil




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan