KPU Ulang Pemungutan Suara di Tujuh TPS

Kamis, 10 April 2014 | 19:42 WIB
Kotak Suara Pemilu 2014. (Foto:Rif)

Kotak Suara Pemilu 2014. (Foto:Rif)

REMBANG, MataAirRadio.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang, Kamis (10/4) siang memutuskan mengulang pemungutan suara di tujuh TPS yang tersebar di Kecamatan Sulang, Pamotan, dan Pancur. Pemungutan suara ulang dilakukan setelah di tujuh TPS itu terdapat surat suara calon anggota DPRD Kabupaten Rembang yang nyasar dari daerah pemilihan (dapil) lain.

Tujuh TPS itu adalah TPS 1 Desa Sumberagung Kecamatan Pancur, TPS 5 dan 6 Desa Japerejo, TPS 5 Desa Sendangagung, dan TPS 1 Desa Sidorejo Kecamatan Pamotan, serta TPS 4 Desa Kerep dan TPS 7 Desa Sulang Kecamatan Sulang. Kebutuhan surat suara dari kesemua TPS tersebut mencapai 958 lembar untuk di Kecamatan Pamotan, Pancur 275 lembar, dan Sulang 595 lembar.

Komisioner Divisi Pemungutan dan Penghitungan Suara pada KPU Kabupaten Rembang Muhammad Adib Ulinnuha mengatakan, keputusan mengulang pemungutan suara di tujuh TPS itu setelah turun dua surat edaran dari KPU Republik Indonesia terkait penyikapan surat suara tertukar. Pemungutan suara ulang akan dilakukan maksimal 10 hari setelah 9 April kemarin.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Rembang Muchlis Ridlo juga mengatakan, pihaknya merekomendasikan pemungutan suara ulang di tujuh TPS tersebut. Rekomendasi diterbitkan karena pemungutan suara di tujuh TPS itu tidak sesuai dengan asas proporsional terbuka pemilu, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012.

Pasal 5 Ayat 1 di Undang-Undang Pemilu ini menyebut, pemilihan umum di Indonesia menganut asas proporsional terbuka, di mana surat suara untuk setiap dapil harus memuat nama-nama daftar calon tetap. Artinya, karena surat suara tertukar, kemudian di TPS yang bersangkutan nama caleg tidak ada. Maka, harus diulang pemungutan suaranya.

Muchlis juga menyarankan, agar pemungutan suara ulang dilakukan oleh KPU sebelum tanggal 15 April 2014. Sebab, masa kerja kelompok panitia pemungutan suara atau KPPS hanya sampai 15 April ini, sehingga sebelum tanggal tersebut, sudah harus dilakukan pemungutan suara ulang.

KPU merencanakan pemungutan suara ulang dilaksanakan pada hari Minggu 13 April mendatang. Pemungutan suara ulang diikuti oleh pemilih yang hadir saat pemungutan suara tanggal 9 April kemarin, dan dilakukan hanya untuk surat suara calon anggota DPRD Kabupaten Rembang. Sebab hanya surat suara DPRD Kabupaten yang tertukar.

Pihak KPU mengklaim sudah menyiapkan semua logistiknya dan stoknya lebih dari cukup. Karena untuk pemungutan ulang, sudah disiapkan 1.000 lembar surat suara per kecamatan. Sebelumnya, sejumlah surat suara saling tertukar di tiga dapil yakni Dapil VI Sulang-Bulu-Gunem, Dapil V Pamotan-Sale, dan Dapil II Lasem-Pancur. Ketertukaran surat suara ini diduga akibat kelalaian jajaran KPU pada saat sortir dan pengepakan. (Pujianto)




3 comments
  1. Halid Maulidi Akbar

    April 13, 2014 at 4:56 pm

    KPU masukan satu : Semoga Box nya pemilu akan datang rata Gambar Pengenal kotaknya

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan