KPU Minim Monitor Kampanye Terbuka di Rembang

Sabtu, 5 April 2014 | 21:32 WIB
Kampanye terbuka PPP di Lapangan Desa Gandrirejo Kecamatan Sedan, Jumat (21/3) siang. (Foto: Pujianto)

Kampanye terbuka PPP di Lapangan Desa Gandrirejo Kecamatan Sedan, Jumat (21/3) siang. (Foto: Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang minim monitoring kampanye terbuka atau rapat umum partai politik di kabupaten ini. Dalam masa kampanye rapat umum pada 16 Maret hingga 5 April 2014, hanya ada dua parpol yang melakukannya, yakni Partai Gerindra dan PPP.

Partai Gerindra melakukan kampanye terbuka secara terpusat di Lapangan Desa Ketanggi Kecamatan Rembang pada Minggu, 16 Maret kemarin. Sedangkan PPP, melakukan kampanye rapat umum juga secara terpusat di Lapangan Desa Gandrirejo Kecamatan Sedan, tujuh hari setelahnya atau pada Jumat 23 Maret 2014.

Ketua KPU Kabupaten Rembang Minanus Suud mengatakan, mayoritas parpol dan caleg menggunakan rapat tertutup dalam bersosialisasi. KPU menduga cara ini dianggap lebih efektif oleh para caleg untuk menggalang dukungan pemilih. Ketika minim kampanye terbuka, pihaknya pun minim monitoring.

Dari pantauan MataAir Radio, hampir semua pengurus partai politik peserta Pemilu Legislatif 2014 ini melakukan kampanye blusukan yakni melakukan silaturahmi kepada masyarakat ketimbang kampanye terbuka.

Mayoritas partai menganggap kampanye terbuka berbiaya lebih mahal. Kampanye terbuka justru jarang dilakukan karena dianggap kurang efektif, sehingga lebih banyak memilih untuk mendatangi langsung warga terkait keluhan serta keinginan yang diharapkan pada Pemilu legislatif serta Pilpres 2014 mendatang.

Kepala Satuan Intelkam Polres Rembang AKP Antonius Wiyono menyebutkan, dari 49 kegiatan kampanye partai politik dan caleg yang dilaporkan kepada pihaknya, hanya ada dua rapat terbuka, sedangkan 45 lainnya merupakan kampanye tatap muka. Pihak kepolisian tidak menemukan gangguan keamanan dari dua rapat terbuka dan puluhan kampanye tertutup itu.

M Bisri Cholil Laquf, Caleg PKB di Dapil I Rembang Kota mengaku lebih intensif mendatangi rumah warga untuk bersilaturahim dan menyerap aspirasi mereka, ketimbang melakukan kampanye terbuka. Menurutnya, lebih baik mendatangi tetangganya calon pemilih, agar lebih dekat, lebih memahami keinginan rakyat dan lebih bisa merasakan denyut nadi rakyat. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan