Kembangkan Wisata, Desa di Klaten Raup Puluhan Juta Sebulan

Minggu, 6 Maret 2022 | 17:15 WIB

Wisata Girpasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang-Klaten, Ahad (6/3/2022). (Foto: mataairradio.com/Humas Pemprov Jateng)

KLATEN, mataairradio.com – Tak disangka, sebuah desa yang berada di lereng Gunung Bibi di Kabupaten Klaten menjadi ramai dikunjungi wisatawan. Bahkan saat ini mampu mengumpulkan pendapatan dari kegiatan wisatawan mencapai Rp75 juta per bulan.

Ya, itulah Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten. Berada di paling ujung, desa ini memiliki keindahan panorama pegunungan. Ditambah dengan jembatan gantung dan gondola yang menjadi akses warga Dusun Girpasang, yang terpisah karena tebing.

Ramainya orang yang berwisata, bermula saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke Girpasang. Pengalaman di Girpasang itu kemudian dishare Ganjar melalui akun media sosialnya. Akhirnya, banyak wisatawan yang berondong-bondong ke desa ini.

Angga, salah seorang wisatawan asal Magelang mengaku datang ke Girpasang karena penasaran setelah melihat media sosialnya Gubernur.

“Memang ingin main ke sini, setelah tahu dari media sosialnya Pak Ganjar,” katanya, Minggu (6/3/2022).

Menurutnya, Wisata Girpasang bagus karena punya jembatan gantung dan juga gondola.

“Tempatnya bagus sih. Dari perjalanan yang cukup jauh, akhirnya terbayar lunas sampai sini,” paparnya.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Tegalmulyo, Subur menuturkan bahwa impian warga untuk menjadikan Tegalmulyo sebagai desa wisata terwujud berkat Gubernur.

“Kita memang sudah lama ingin menjadikan desa wisata. Tapi itu terwujud berkat Pak Ganjar. Setelah berkunjung ke sini, akhirnya jadi ramai dan menjadi tempat wisata,” ungkapnya.

Saat ini, imbuh Subur, Pokdarwis mampu mengumpulkan pendapatan Rp75 juta per bulan dari kegiatan wisata.

“Pendapatan dari gondola itu sekitar Rp75 juta per bulan. Tiket naik per orang itu Rp15 ribu,” jelasnya.

Pihaknya berharap, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bisa kembali berkunjung ke desanya.

“Semua ini upaya keras dari Pak Ganjar. Kami berharap bisa datang ke sini, kami ingin menyampaikan terimakasih secara langsung kepada beliau,” tandasnya. (*)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan