Keluarga Penerima PKH Tahap Terakhir di Rembang Bertambah

Kamis, 9 Januari 2014 | 14:37 WIB
Suasana pencairan bantuan PKH di Kantor Pos Rembang, Kamis (9 1).

Suasana pencairan bantuan PKH di Kantor Pos Rembang, Kamis (9 1).

REMBANG, MataAirRadio.net – Jumlah keluarga penerima bantuan uang tunai program keluarga harapan (PKH) tahap keempat 2013 di Kabupaten Rembang bertambah 630 keluarga dari data penerima pada tahap ketiga kemarin. PKH tahap keempat 2013 disalurkan kepada 7.911 keluarga, sedangkan pada tahap ketiga yang dikucurkan September 2013, hanya 7.281 keluarga sasaran.

Di Kecamatan Rembang, ratusan orang secara bergantian mengantre pencairan bantuan PKH di Kantor Pos Rembang pada Kamis (9/1) pagi. Suryanti, salah satu penerima PKH dari Dusun Jarakan Desa Sukoharjo mengaku, mencairkan bantuan untuk dua orang anaknya. Satu masih balita berumur 14 bulan, sedangkan yang sulung sudah Kelas IV SD.

Menurutnya, bantuan sebesar Rp200.000 untuk anaknya yang masih balita, dan Rp150.000 untuk yang sedang SD, cukup membantu keluarganya. Apalagi Suryanti hanya ibu rumah tangga, dan suaminya seorang kuli bangunan. Dia berharap PKH berlanjut, agar anak-anaknya bisa terjamin pendidikannya.

Ririn Puspitasari, salah satu pendamping PKH Kecamatan Rembang menyebutkan, meski secara kabupaten jumlah penerima PKH tahap keempat atau terakhir di 2013 tambah, namun di kecamatan dampingannya, justru berkurang.

Dia menjelaskan, berkurangnya jumlah penerima PKH lantaran ada cukup banyak keluarga yang anaknya menerima bantuan PKH, namun kini sudah lulus sekolah. Ririn enggan menyebut secara pasti angka penerima PKH di Kecamatan Rembang.

Yang jelas, mereka yang dicoret dari rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTSM) PKH merupakan warga miskin yang tidak memenuhi persyaratan untuk menerima lagi bantuan program keluarga harapan. PKH merupakan program bantuan bersyarat untuk RTSM yang memiliki balita, anak usia pendidikan dasar sembilan tahun (SD-SMP), serta ibu hamil yang rutin diperiksakan. Karena semua persyaratan tersebut, jumlah bantuan untuk setiap RTSM bisa berbeda-beda.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) kabupaten Rembang Waluyo mengatakan, Pemerintah Pusat mengalokasikan dana sebesar Rp2,4 miliar lebih untuk 7.911 keluarga penerima PKH tahap terakhir di 2013.

Bantuan memang sudah mulai disalurkan Kamis (9/1) ini melalui kantor pos maupun kantor kecamatan. Waluyo mengakui, jumlah penerima PKH pada pencairan tahap keempat bertambah dari tahap ketiga, kedua, dan pertama pada 2013. Pada pencairan tahap pertama jumlahnya mencapai 7.301 RTSM. Tahap kedua menjadi hanya sebanyak 7.291 RTSM. Tahap ketiga turun lagi menjadi hanya 7.281 keluarga sasaran. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan