Empat Orang Daftar Cabup Rembang dari PKB

Senin, 13 April 2015 | 17:40 WIB
Harno, Bakal Calon Bupati ketika mendaftar Partai Kebangkitan Bangsa, Senin (13/4/2015). (Foto: Pujianto)

Politisi Partai Demokrat Harno, mendaftarkan diri sebagai Calon Bupati dari Partai Kebangkitan Bangsa, Senin (13/4/2015) pagi. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Empat orang disebut akan mendaftar sebagai calon Bupati Rembang dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ketua Desk Pilkada PKB Rembang Arif Agung Cholili mengungkapkannya kepada wartawan, Senin (13/4/2015) pagi.

Menurut Cholili, empat orang itu adalah Yaqut Cholil Qoumas, Harno, Abdul Hafidz, dan Atna Tukiman. Yaqut Cholil atau Gus Tutut dan Harno bahkan sudah mendaftar pada hari pertama pembukaan pendaftaran Cabup Rembang dari PKB, Minggu (12/4/2015) kemarin.

Abdul Hafidz mengonfirmasi akan mendaftar pada Selasa (14/4/2015) ini, sedangkan Atna Tukiman akan ditunggu hingga pukul 00.00 hari Rabu 15 April nanti. Selain empat nama tersebut, PKB menyimpan satu nama lagi. Cholili hanya menyebut bahwa calon itu dari luar daerah.

“Kami juga ada tiga calon wakil Bupati. (Namanya) Kita bicara soal Bupati dulu lebih asyik. Kami berharap ada perempuan yang mendaftar sebagai bupati maupun wakil dalam rentang waktu ini,” paparnya.

Lalu bagaimana nasib Hamzah Fatoni yang kini masih menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Rembang dan pernah dicuatkan oleh PKB? Menurut Cholili, Hamzah belum memberikan konfirmasi. PKB memilih menunggu daripada mengejar konfirmasi pendaftaran dari pejabat asli Klaten tersebut.

Baginya, PKB terbuka terhadap kandidat manapun. Apalagi, peta bakal calon Bupati Rembang masih terus berkembang. Namun Cholili mengatakan, siapa pun kandidatnya, akan diambil melalui mekanisme survei. Sementara ini, survei berbagai partai mengungkap tiga nama; Gus Tutut, Harno, dan Hafidz.

Cholili memastikan, tidak akan menerima pendaftaran bakal calon yang mendaftar setelah pukul 00.00 hari Rabu 15 April nanti. Penentuan rentang waktu pendaftaran yang hanya empat hari, sudah menjadi kesepakatan antara desk pilkada serta dewan tanfiz dan suriah PKB Rembang.

“Soal Pak Hamzah, kalau memang serius kita tunggu. Tetap sampai pukul 00.00 hari Rabu (15/4/2015). Kita tidak menerima pendaftaran setelah tanggal itu,” tegasnya.

Setelah masa pendaftaran, Desk Pilkada PKB Rembang akan melanjutkan proses penjaringan nama calon melalui fit and proper test, alias uji kelayakan dan kepatutan. Cholili tidak menjelaskan kebutuhan waktu untuk menggelar menguji kelayakan para kandidat yang mendaftar.

Sebelumnya, Ketua DPC PKB Rembang Sumarsono Sugeng mengatakan, nama calon yang bakal diusung akan diumumkan pada bulan Mei nanti. Tak hanya calon bupati, partai koalisi pun akan dideklarasikan pada bulan yang sama. PKB menjajaki koaliasi dengan semua partai, tetapi belum diketahui hasilnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan