Desa Pamotan Bersiap Jadi Desa Wisata

Rabu, 8 September 2021 | 22:37 WIB

Kepala Desa Pamotan, Kecamatan Pamotan Aang Maskur, saat menunjukkan salah satu tempat yang bakal pihaknya jadikan tempat wisata, Rabu (8/9/2021) siang. (Foto: Mukhammad Fadlil)

 

PAMOTAN, mataairradio.com – Pihak Desa Pamotan Kecamatan Pamotan bersiap menjadi desa wisata. Hal itu diungkapkan oleh Aang Maskur, Kepala Desa setempat, pada Rabu (8/9/2021) siang.

Aang sapaan akrab Aang Maskur menjelaskan, di desa yang ia pimpin terdapat beberapa potensi objek wisata, mulai dari wisata alam hingga sejarah. Di antaranya, Gua Kare, bangunan tua bekas pabrik piring dan “jomblang” atau bekas kolam renang Zaman Belanda, serta sungai mata air mudal.

“Misalnya seperti Kustin di Tajen, dulu cerita orang-orang tua, itu bekas pabrik piring di atasnya ada Gua Kare, di bawahnya ada ‘Jomblang’, seperti kolam renang zaman dulu. Itu mungkin peninggalan Belanda,” terangnya.

Ke depan, Aang menambahkan, pihaknya akan menata sekaligus mengelola potensi di desanya itu menjadi destinasi wisata yang mampu menarik banyak wisatawan. Sejumlah potensi tempat wisata itu nantinya akan didesain agar terintegrasi satu dengan lainnya.

Saat ini pihaknya sudah membentuk kelompok sadar wisata atau Pokdarwis, sebagai kesiapan sumber daya manusianya (SDM), serta juga sudah menyiapkan infrastruktur penunjangnya, seperti jalan akses.

“Kita membentuk Pokdarwis di Pamotan karena di sini ada potensi destinasi wisata. Karang Taruna dan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) saya ajak diskusi membahas destinasi wisata di Pamotan, untuk SDM-nya. Jalan untuk aksesnya juga sudah kami siapkan,” imbuhnya.

Selain itu, karena sebagian potensi objek wisata tersebut berada di lahan milik Perhutani, Aang mengaku hingga kini pemerintah desa sudah melakukan perjanjian dengan pihak Perhutani.

“Nantinya dengan adanya tempat wisata di Desa Pamotan, kami berharap dapat membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitarnya, sehingga ekonomi di sini dapat meningkat. Nanti yang pertama kita ‘launching’ tahun ini yang Gua Kare,” pungkasnya.

Berdasarkan data dari Pemerintah Desa Pamotan, di desa itu ada sebanyak tiga dusun dengan 13 RW, sedang luas wilayahnya 1,77 juta meter persegi.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan