Data Valid, KPU Respon Cepat Rekomendasi Panwas

Rabu, 21 Oktober 2015 | 18:44 WIB

 

Setiker telah terdaftar sebagai pemilih Pilkada Rembang 2015. (Foto: Arif Bahtiar)

Setiker telah terdaftar sebagai pemilih Pilkada Rembang 2015. (Foto: Arif Bahtiar)

 
REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang merespon cepat rekomendasi dari Panwas Pilkada mengenai temuan data pemilih yang tidak memenuhi syarat tetapi tercatat di DPT dan pemilih yang memenuhi syarat tetapi belum terdaftar.

Komisioner Divisi Data Pemilih pada KPU Rembang Nurul Muasiroh, Rabu (21/10/2015) sore mengatakan, respon rekomendasi itu karena ada penyerta data yang valid dan terperinci.

“Kami sudah meminta PPS lewat PPK agar merespon cepat temuan Panwas Pilkada. Kali ini, kami mudah menindaklanjutinya karena datanya sudah terperinci, by name dan by address,” katanya kepada mataairradio.

Nurul berharap, temuan panwas yang bersumber dari PPL bisa langsung terkoreksi di tingkat PPS, sehingga daftar pemilih akan klir dari data bermasalah dan mencakup semua dari mereka yang memenuhi syarat.

“Semua pada akhirnya akan klop,” katanya.

Mengenai 196 pemilih yang memenuhi syarat tetapi belum terdaftar versi catatan panwas, Nurul belum bisa mengonfirmasi kesesuaiannya.

Ia mengatakan, jumlah pemilih tambahan, selain yang sudah tercatat di DPT, baru direkap di tingkat PPS, sampai tanggal 23 Oktober nanti.

“Belum tahu berapa yang terdaftar sebagai pemilih tambahan, karena rekap di PPS baru pada 21-23 Oktober ini,” terangnya.

Nurul mengatakan, jumlah pemilih dalam daftar pemilih tambahan (DPTb1), baru akan bisa diketahui lewat rekapitulasi tingkat kabupaten pada 27 Oktober mendatang.

Begitu pula dengan 1.658 pemilih tidak memenuhi syarat yang masih terpampang di DPT.

Pihak KPU hanya memastikan, mereka yang tidak memenuhi syarat akan dicoret dari DPT.

“Yang TMS dicoret. Dan tidak bisa menggunakan hak pilihnya,” tegasnya.

Panwas Pilkada Rembang, hingga Selasa (20/10/2015) kemarin, menemukan 196 pemilih yang memenuhi syarat, tetapi belum terdaftar di DPT Pilkada 9 Desember mendatang.

Temuan Panwas dari pencermatan DPT itu masih mungkin bertambah, karena saat data itu dilansir, empat kecamatan belum menyetor data.

Ketua Panwas Pilkada Rembang Totok Suparyanto mengungkapkan, pihaknya juga menemukan 53 pemilih yang terdapat kesalahan penulisan data pemilih.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan