APK dari KPU Terpasang, Tim Monitor Diterjunkan

Sabtu, 12 September 2015 | 14:40 WIB
Akun facebook sejumlah calon bupati Rembang. (Foto: mataairradio.com)

Akun facebook sejumlah calon bupati Rembang. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Alat peraga kampanye bagi tiga pasangan calon kepala daerah Rembang sudah didistribusikan ke setiap kecamatan, Sabtu (12/9/2015) ini. Selanjutnya, KPU melalui PPK dan PPS, akan segera memasangnya di titik-titik yang telah disepakati dengan kubu pasangan calon.

Komisioner Divisi Perencanaan pada KPU Rembang Maftuhin mengatakan, rekanan pembuat alat peraga kampanye sebelumnya telah diwanti-wanti agar memastikan kualitas APK, sehingga aman sampai masa kampanye berakhir. KPU pun akan berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk menjaga APK.

“Karena masa kampanye cukup panjang, kami sudah wanti-wanti rekanan agar memastikan kualitas. Ini nanti kita akan koordinasi dengan aparat keamanan agar turut menjaga APK sehingga terus tegak berdiri sampai masa kampanye berakhir,” terangnya ketika dihubungi mataairradio.

Maftuhin juga mengatakan, selain memastikan kualitas APK serta berkoordinasi dengan aparat keamanan dan pemda, KPU secara internal akan membuat tim. Tugas pokoknya adalah memonitor keamanan alat peraga kampanye yang menjadi wewenang KPU.

Selain tim monitoring, KPU juga meminta kepada PPK dan PPS, agar menjalankan fungsi yang sama, yaitu menjaga keamanan APK sampai masa kampanye habis 5 Desember mendatang. Dia menegaskan, pemasangan APK sudah diatur titik-titiknya, sesuai kesepakatan KPU, panwas, dan pasangan calon.

“Kita juga akan bentuk tim monitoring untuk memantau keamanan APK. Kita perintahkan PPK dan PPS juga. Ini bentuk kepedulian kami pada pemasangan alat peraga kampanye. Titik-titiknya sudah disepakati bersama oleh KPU, panwas, dan tim kampanye pasangan calon,” tegasnya.

Sebelumnya, alat peraga kampanye berupa baliho, umbul-umbul, dan spanduk dijadwalkan baru selesai tercetak 19 September mendatang. Tetapi rekanan memberi komitmen kepada KPU, APK dan bahan kampanye, bisa selesai lebih cepat, dan akhirnya dipenuhi, meski saat ini baru spanduk yang dikirim.

Pemilihan bupati dan wakil bupati di Rembang diikuti oleh tiga pasangan calon; Hamzah Fatoni-Ridwan, Sunarto-Kuntum Khairu Basa, dan Abdul Hafidz-Bayu Andriyanto. Sementara itu, setelah APK dari KPU terpasang, Panwas Pilkada bersama KPU dan Satpol PP, akan lebih gencar melakukan penertiban.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan