35 Vaksinator Covid-19 di Rembang Siap Layani Vaksinasi

Selasa, 26 Januari 2021 | 13:42 WIB

Vaksinator sedang menyiapkan alat suntik dalam pelaksanaan vaksinasi perdana di Kabupaten Rembang, pada Senin (25/01/2021) pagi. (Foto: Mukhammad Fadlil)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pemerintah Kabupaten Rembang telah menyiapkan sebanyak 80 vaksinator untuk melayani vaksinasi Covid-19. 35 tenaga vaksin di antaranya sudah selesai menjalani pelatihan, sedangkan sisanya masih dilatih.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rembang Ali Syofi’i mengatakan, jumlah vaksinator tersebut bisa saja ditambah, menyesuaikan dengan kebutuhan tenaga vaksin Covid-19 di lapangan.

“Terkait dengan SDM ini tentunya nanti akan kita sesuaikan dengan kondisi di lapangan. Apabila memang kondisi mengharuskan kita untuk menambah tenaga vaksinator, tentu akan kita cukupi,” terangnya.

Terkait fasilitas kesehatan untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Ali menjelaskan, Pemkab sudah menyiapkan di beberapa tempat layanan kesehatan.
Seperti di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R Soetrasno, Rumah Sakit Islam (RSI) Arafah, dan Rumah Sakit Bhina Bhakti Husada.

Selain itu juga di 17 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) seluruh Kabupaten Rembang serta Klinik Kesehatan milik TNI dan Polri.

“Jadi sejumlah fasilitas kesehatan tersebut akan menjadi unit layanan vaksinasi sepanjang tahun ini,” imbuhnya.

Salah satu Vaksinator Dinkes Rembang, dr. Samsul Anwar menjelaskan, injeksi vaksin tidak boleh dilakukan terhadap seseorang yang kondisi badannya tidak fit. Apabila dipaksakan maka akan timbul efek-samping, seperti gemetar dan muntah, serta tidak baik untuk jantung.

Sebelum dilakukan injeksi vaksin Covid-19, penerima vaksin harus terlebih dahulu melewati beberapa kali pemeriksaan kesehatan. Seperti cek suhu tubuh, tensi, dan riwayat penyakit yang pernah diderita.

“Injeksi (Penyuntikan, red.) boleh dilakukan di bahu kanan atau kiri. Di pantat juga bisa, yang penting IM. Intramuskuler. Jadi bukan IV, intravenous. Intramuskuler itu tegak lurus 90 derajat,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, penyuntikkan vaksin Sinovac yang perdana telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Rembang pada Senin (25/01/2021) kemarin di Puskesmas Rembang I. Dalam rangka imunisasi terhadap bahaya paparan virus Corona atau Covid-19.

Sementara itu, empat ribu dosis vaksin merek Sinovac dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sudah tiba di Rembang.

Vaksin tersebut diambil oleh tim dari Dinkes Kabupaten Rembang menggunakan kendaraan khusus pengangkut vaksin, pada Ahad (24/01/2021) lalu, dengan pengawalan secara ketat oleh aparat kepolisian.

Sebenarnya alokasi vaksin di tahap pertama untuk Kabupaten Rembang ada sebanyak 5.040 dosis, namun Pemprov Jateng baru memberi empat ribu dosis.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan