Vaksinasi Nakes Rembang Ditargetkan Selesai Pekan Ini

Kamis, 28 Januari 2021 | 20:47 WIB

Salah satu Naskes RSUD Rembang saat menjalani injeksi vaksin anti Covid-19. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pemerintah Kabupaten Rembang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menargetkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap tenaga kesehatan (Nakes) selesai dalam pekan ini.

Pada Selasa (26/1/2021), imunisasi anti Covid-19 menyasar tenaga kesehatan di 17 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), serta tiga rumah sakit.

Kepala Dinkes Rembang, dr. Ali Syofi’i masih belum bisa membeberkan secara pasti jumlah tenaga kesehatan yang sudah tervaksin. Pasalnya ada beberapa tenaga kesehatan yang harus menunda vaksinasi disebabkan belum memenuhi persyaratan, karena tensi tinggi saat tahap pengecekan kesehatan.

Untuk menjangkau seluruh tenaga kesehatan di Rembang yang jumlahnya 2.412 orang, Ali mengatakan, vaksinasi harus dilakukan secara bertahap.

“Harapan kami dalam satu minggu ini selesai, untuk sejumlah sasaran 2.412 tenaga kesehatan yang tersebar di seluruh fasilitas kesehatan Rembang,” terangnya.

David Januar Rachmawati, yang merupakan seorang perawat RSUD dr. R. Soetrasno Rembang mengaku, setelah menjalani vaksin, dirinya merasa lebih tenang dan tidak terlalu kepikiran saat bertugas.

“Secara emosional lebih tenang, maksudnya ada vaksin jadi tidak kepikiran lagi. Selama ini berhadapan langsung dengan pasien, apalagi waku di UGD. Jadi merasa pikirannya ayem saja,” tuturnya.

Sementara itu, salah perawat Rumah Sakit Islam (RSI) Arafah Rembang Muhammad Ali Mustofa mengaku sudah menjalani vaksinasi Covid-19.

Dia mengatakan, vaksinasi ini merupakan salah satu bentuk ikhtiarnya untuk mengantisipasi paparan virus Corona. Mengingat sebagai tenaga kesehatan tingkat kerawanan paparan virus terbilang cukup tinggi.

“Ya bismillah saja, ini kan juga merupakan ikhtiar dari pemerintah untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Ini kan vaksin pertama dan belum ada yang lain, jadi ya ikhtiarnya melalui vaksin ini,” ujarnya.

Ia manambahkan, meski sudah mendapat vaksin bukan berarti kemudian abai terhadap protokoler kesehatan.

“Harus tetap menggunakan masker dan selalu cuci tangan dengan sabun, serta mengonsumsi vitamin tetap wajib dilakukan, meskipun sudah divaksin,” pungkasnya.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan