Ujian Wartawan di Tengah Pandemi

Sabtu, 10 April 2021 | 18:13 WIB

Para peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) jenjang madya, ketika melaksanakan rangkaian ujian, pada Jumat (9/4/2021) pagi. (Foto: mataairradio.com)

 

SEMARANG, mataairradio.com – Masa pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat para jurnalis dari berbagai media di Provinsi Jawa Tengah untuk mengikuti ujian.

Beberapa di antaranya seperti jurnalis dari mataairradio.com, mnews.id, MuriaNews.com, suarabaru.id, dan Radio Republik Indonesia (RRI)

Seorang jurnalis dari Radio Republik Indonesia, Sugeng Heru rela menempuh perjalanan selama tiga jam lamanya dari Kabupate Purworejo menuju Kota Semarang untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Baginya UKW penting diikuti supaya dapat menjadi seorang jurnalis yang kompeten.

“Tiga jam saya perjalanan dari Purworejo. Dulu pernah ikut UKW Muda, ini naik ikut ujian yang madya,” begitu katanya.

UKW pada kesempatan kali ini dilaksanakan selama dua hari, dimulai pada Kamis (8/4/2021), hingga Jumat (9/4/2021), di Hotel Horison Nindya. Digelar di tengah situasi pandemi covid-19.

Para peserta yang hadir diminta untuk menerapkan protokoler kesehatan secara ketat, sebagai upaya antisipasi penyebaran virus corona. Selama kegiatan berlangsung, mereka memakai masker dan berjaga jarak.

Bahkan tiap peserta dan panitia dites swab antigen terlebih dahulu, sehari sebelum mengikuti rangkaian acara. Tak sebanyak biasanya, peserta UKW kali ini pun dibatasi, hanya 24 orang peserta.

“Yang hadir 19 peserta. Lima peserta mengundurkan diri. Sebagian ada yang berhalangan karena sesuatu hal yang mendadak tidak bisa ditinggalkan.

Ada juga yang karena setelah swab ternyata hasilnya positif,” kata Sunarto, Ketua Panitia UKW 8 April 2021 saat memberikan penjelasan kepada mataairradio.com.

Ada dua jenjang ujian pada UKW kali ini. Yaitu jenjang muda dan jenjang madya. Jenjang muda ada tiga kelompok, sedangkan jenjang madyanya satu kelompok saja.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah, Amir Machmud NS, saat menutup acara pada Jumat (9/4/2021) siang mengungkapkan, ada dua peserta yang berdasarkan hasil UKW dinyatakan kurang kompeten. Sedang 17 peserta sisanya berhasil menjadi pewarta yang kompeten.

“Saya ucapkan selamat dan semangat bagi yang belum kompeten. Dan selamat kepada peserta yang dinyatakan kompeten,” kata Amir yang kemudian dilanjutkan menutup acara UKW secara resmi.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: MukhammadFadlil




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan