Ruang Perawatan Pasien Covid-19 di Rembang Sisa 71 Kamar

Jumat, 25 Juni 2021 | 15:57 WIB

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rembang Edy Supriyanta saat memberikan keterangan ihwal ketersediaan ruang rawat pasien covid-19 di Rembang, Jumat (25/6/2021) pagi. (Foto: Mukhammad Fadlil)

 

REMBANG, mataairradio.com – Ruang perawatan khusus pasien covid-19 di Kabupaten Rembang tersisa 71 unit kamar, per Kamis (24/6/2021). Padahal total jumlah ruang rawat pasien covid-19 sebanyak 340 kamar.

Artinya sebanyak 269 kamar sudah terpakai untuk merawat pasien akibat terpapar virus corona.

Dari total ruang perawatan khusus pasien covid-19 di kabupaten ini tersebar di sejumlah layanan kesehatan. Seperti di RSUD dr. R Soetrasno, Rumah Sakit Islam Arafah, dan Rumah Sakit Bina Bhakti Husada, serta di 14 Puskesmas.

Secara perincian, di RSUD Rembang kapasitas kamar rawat khusus pasien covid-19 ada 215 unit, 188 kamar sudah terpakai. Lalu di RSI Arafah daya-tampung kamar rawat covid-19 20 unit dan sudah terpakai 12 kamar.

Kemudian di RS Bina Bhakti Husada jumlah ruang perawatan untuk pasien covid-19 ada sebanyak 55 unit, namun 49 kamar sudah dipakai. Sedangkan di 14 Puskesmas daya-tampungnya 50 kamar dan sudah terpakai sebanyak 20 unit.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rembang Edy Supriyanta mengungkapkan, selain ruang rawat pasien covid-19 di sejumlah layanan kesehatan, Pemkab Rembang juga menyediakan tempat isolasi mandiri terpusat dengan daya-tampung sebanyak 98 orang.

“Untuk memastikan pasien-pasien yang tanpa gejala, namun hasil tes swab PCR-nya positif difasilitasi tempat isolasi mandiri terpusat di Hotel Puri. Apabila keadaan mendesak kami mencadangkan tempat lagi di Hotel Pantura,” tuturnya kepada awak-media, Jumat (25/6/2021) pagi.

Sementara itu, upaya pelaksanaan vaksinasi covid-19 oleh Pemkab Rembang, menyediakan 14.597 file vaksin sinovax dengan kapasitas pemakaian satu file bisa digunakan oleh 10 orang. Hingga saat ini dari total jumlah vaksin yang disediakan sudah tersisa 107 file.

“Kesediaan vaksin dari program yang sudah kita terima ini ada 14.597 file. Satu file kurang-lebih untuk 10 orang. Kemudian untuk sisa vaksin sampai sekarang ada 107 file,” terang Darmono, Plt. Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan