Pengumuman Calon Perseorangan Dirilis, PPS Diminta Bersiap

Sabtu, 23 Mei 2015 | 17:59 WIB
Ketua KPU Rembang Minanus Suud. (Foto: Pujianto)

Ketua KPU Rembang Minanus Suud. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang merilis jadwal penyerahan dokumen dukungan pasangan calon perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rembang, hari Minggu (23/5/2015) ini.

Ketua KPU Rembang Minanus Suud meminta PPK dan PPS bersiap. Pasalnya, mereka nantinya akan melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual atas dokumen dukungan yang diserahkan.

“Pengumuman penyerahan dokumen dukungan dilakukan sejak tanggal 24 Mei hingga 7 Juni 2015,” ungkapnya kepada mataairradio.

Setelah diumumkan selama 15 hari, KPU akan mulai menerima penyerahan dokumen dukungan pasangan calon perseorangan.

“Dengan mengumumkan ini, masyarakat yang berniat maju lewat jalur perseorangan, bisa berancang-ancang mendaftarkan diri,” terangnya.

Menurutnya, bayangan jumlah pendaftar belum tergambar, meski KPU sudah pernah menerima banyak tamu yang bertanya seputar persyaratan calon perseorangan.

“Kami berharap, setelah diumumkan, akan ada lagi bagian masyarakat yang secara langsung menanyakan hal-hal yang bersifat khusus,” ujarnya.

Beberapa hal khusus itu, katanya, formulir pendaftaran pasangan calon perseorangan.

Dia menyebutkan, berdasarkan data jumlah penduduk Rembang yang 612.552 jiwa, maka jumlah minimal dukungan pasangan calon perseorangan, paling tidak 45.941 jiwa.

“Dukungan diberikan dengan satu orang mendukung satu pasangan, sehingga tidak boleh ganda,” jelasnya.

Verifikasi administrasi yang nantinya dilakukan, dibutuhkan untuk mengetahui, apakah pendukung memenuhi syarat sebagai pemilih atau tidak.

“Sedangkan verifikasi faktual, diperlukan untuk mengetahui apakah yang bersangkutan benar mendukung calon perseorangan itu atau tidak,” tegasnya.

Dalam kerangka mematangkan sosialisasi tentang tata cara pencalonan dari jalur perseorangan, Selasa (26/5/2015) nanti, KPU Rembang akan memanggil PPK dari 14 kecamatan, tokoh dan organisasi masyarakat, serta partai politik.

“Rencananya, sosialisasi itu digelar di Lantai IV Gedung Setda Rembang,” bebernya.

Harapan KPU, dengan penjelasan nantinya, publik segera bisa mendapat informasi, tentang mekanisme pencalonan dari jalur perseorangan.

“Di situ, kami akan memberikan penjelasan secara gamblang,” janjinya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan