Gelapkan Mobil Rental, Warga Sumberjo Dibekuk Polisi

Rabu, 20 Maret 2013 | 16:04 WIB

 

Mobil Daihatsu Xenia Nopol K 8593 ED yang diduga digelapkan Jakfar Labib. (Foto:Puji)

Mobil Daihatsu Xenia Nopol K 8593 ED yang diduga digelapkan Jakfar Labib. (Foto:Puji)

REMBANG, MataAirRadio.net – Kepolisian Resor Rembang berhasil membekuk seorang pelaku penipuan dan penggelapan mobil yang sebelumnya dirental. Tak tanggung-tanggung, ada setidaknya dua mobil yang diduga digelapkan dan telah diamankan polisi.

Kasatreskrim Polres Rembang Ajun Komisaris Polisi Joko Santoso kepada reporter MataAir Radio, Rabu (20/3) pagi mengungkapkan, pelaku bernama Jakfar Labib (32) warga Desa Sumberjo Kecamatan Rembang dan ditangkap pada 16 Maret kemarin.

Kasatreskrim menuturkan, penangkapan pelaku bermula dari laporan pemilik mobil Honda Jazz bernomor polisi B 905 ME pada 2 Maret lalu. Korban mengaku telah menjadi korban penipuan dan penggelapan mobil tersebut dengan tersangka Jakfar Labib.

Berbekal laporan tersebut, dilakukanlah penyelidikan hingga akhirnya polisi berhasil membekuk pelaku di komplek Perumahan Tireman Kecamatan Rembang pada Sabtu (16/3) akhir pekan lalu.

Pascapenangkapan itu, pihaknya kembali mendapatkan laporan dari korban Jakfar lainnya. Kali ini, mobil jenis Daihatsu Xenia bernomor polisi K 8593 ED yang diduga digelapkan pelaku. Pemiliknya adalah seorang anggota polisi.

Saat ini, polisi sudah mengamankan Xenia tersebut. Sebelum diamankan, mobil jenis Honda Jazz digadaikan dengan nilai Rp30 juta kepada seseorang di Jatirogo, sedangkan mobil Daihatsu Xenia digadaikan dengan nilai rupiah yang sama kepada seseorang di Bulu Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

AKP Joko Santoso juga mengungkapkan, untuk memuluskan aksinya, pelaku berpura-pura menyewa mobil rental dalam waktu relatif lama, yakni antara satu minggu hingga sepuluh hari. Dalam kurun waktu tersebut, pelaku menggadaikan mobil-mobil itu dan hasilnya digunakan untuk bersenang-senang dan sisanya sebagai “modal” untuk menyewa mobil di tempat lain.

Menurut keterangan yang dihimpun Kasatreskrim, selain dua mobil tersebut, tersangka pelaku juga diduga sempat menggelapkan sebuah mobil jenis Isuzu Panther milik warga Desa Pangkalan Kecamatan Sluke dan Toyota Avanza milik usaha rental mobil di kawasan Jalan Majapahit Kota Rembang. Namun, dua mobil itu sudah diminta paksa dari penguasaan Jakfar Labib oleh pemiliknya.

Pelaku kini sudah dijebloskan ke penjara dan ditahan Polres Rembang untuk 20 hari ke depan. Apabila selama waktu tersebut, berkas perkara atas kasus ini belum tuntas, maka penahanannya akan diperpanjang hingga 40

Akibat perbuatannya, polisi akan menjerat Jakfar Labib dengan Pasal 378 KUHP tentang Penggelapan yang ancaman hukuman penjaranya maksimal empat tahun. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan