Dinpendukcapil Tanggapi Belasan Ribu Pemilih Belum Ber-KTP Elektronik

Kamis, 15 Maret 2018 | 17:20 WIB

Daenuri, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Rembang. (Foto: mataairradio.com)

 

 

REMBANG, mataairradio.com – Pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinpendukcapil) Kabupaten Rembang menanggapi adanya 12.376 pemilih hasil pemutakhiran yang oleh KPU setempat tercatat belum memiliki KTP elektronik maupun surat keterangan e-KTP.

Kepala Dinpendukcapil Kabupaten Rembang Daenuri mengaku akan mengecek data by name pemilih potensial non KTP elektronik setelah menerima hasil rekapitulasi dari KPU. Menurut dia, pemilih potensial yang sudah pernah merekam data, akan dibuatkan KTP elektronik.

Namun jika ternyata mereka belum merekam data, maka ia akan meminta yang bersangkutan untuk melakukan perekaman di kecamatan. Bila pemilih potensial tidak ada sama sekali di basis data Dinpendukcapil, Daenuri menyatakan pemilih itu belum tentu warganya.

“Kalau yang tidak ada di database kami, yang kami tidak bisa apa-apa. Bisa saja kan sudah tinggal di Rembang, tapi belum urus mutasi atau surat pindah, kecuali bisa menunjukkan KK Rembang,” katanya kepada mataairradio, Kamis (15/3/2018).

Khusus pemilih potensial hasil pemutakhiran yang disinyalir merupakan pelajar SMA, Daenuri menyatakan sudah menyurati tiap-tiap sekolah. Inti surat itu adalah meminta agar siswa yang sudah 17 tahun agar segera melakukan perekaman data untuk KTP elektronik.

Ia menegaskan, operator di tiap kecamatan sudah diminta untuk siaga melayani mereka yang akan melakukan perekaman data. Bagi SMA yang berada di wilayah Rembang Kota, Daenuri menyatakan akan mendatangi sekolah itu satu per satu, guna mendekatkan pelayanan.

“Sementara terhadap pemilih potensial hasil pemutakhiran di luar mereka yang pelajar, juga sudah disikapi dengan pengiriman surat imbauan perekaman oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Rembang kepada para camat dan kepala desa se-kabupaten ini,” tegasnya.

Kepada mataairradio, Kamis (15/3/2018) siang, Daenuri menambahkan, pihaknya siap melayani perekaman data KTP elektronik bagi pemilih yang pada saat pemungutan suara Pilgub Jateng 27 Juni mendatang berusia 17 tahun atau sudah kawin pada tanggal tersebut.
Penulis: Mohammad Siroju Munir
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan