Apatisme Kaum Muda terhadap Parpol Jadi Sorotan PDIP

Selasa, 24 Mei 2016 | 16:55 WIB
Ketua DPC PDIP Rembang Sumadi dipegang tangannya oleh Ketua BMI Jawa Tengah Alwin Basri saat tanam buah rakyat jenis mangga di pekarangan sisi depan utara Kantor DPC PDIP Rembang dalam peringatan HUT ke-43 partai tersebut, Selasa (24/5/2016). (Foto: Pujianto)

Ketua DPC PDIP Rembang Sumadi dipegang tangannya oleh Ketua BMI Jawa Tengah Alwin Basri saat tanam buah rakyat jenis mangga di pekarangan sisi depan utara Kantor DPC PDIP Rembang dalam peringatan HUT ke-43 partai tersebut, Selasa (24/5/2016). (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Sikap apatis dari kaum muda terhadap partai politik menjadi sorotan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada ulang tahun ke-43 yang diperingati di Kabupaten Rembang, Selasa (24/5/2016).

Ketua Banteng Muda Indonesia Jawa Tengah Alwin Basri ditemui seusai peringatan ulang tahun PDIP di Kantor DPC PDIP Rembang menyebut para kawula muda yang jumlahnya besar perlu didekati dengan kegiatan positif.

Menurutnya, 40-50 persen pemilih yang diperkirakan sebagai pemilih pemula perlu diberi pengertian mengenai partai politik dan peran pentingnya dalam hidup berdemokrasi di Indonesia.

“Dengan mendekatkan diri dengan mereka yang muda dan memberikannya pengertian tentang apa itu partai politik secara benar, sikap apatis dari para muda akan tidak berlanjut. Tidak ada deparpolisasi,” terangnya.

Pihaknya sudah melakukan sejumlah upaya untuk memulihkan kepercayaan pemilih dari kaum muda terhadap partai politik, di antaranya dengan menggelar try out SBMPTN di 30 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

“Selain itu juga melalui ajang stand-up comedy, festival musik, dan taman buah rakyat. Kita terus menggerakkan mesin. Sebab biar bagaimana pun, pemilih pemula menjadi yang potensial di setiap pemilu,” tandasnya.

Sementara itu, Peringatan HUT ke-43 PDIP di Kabupaten Rembang digelar dengan menanam tanaman buah rakyat berupa mangga di pekarangan Kantor DPC PDIP setempat.

Tanaman buah rakyat perlu diberdayakan ke seluruh kader PDIP guna membangkitkan kecintaan masyarakat terhadap buah lokal, bukan buah dari luar negeri.

Selain Alwin Basri, tampak hadir Ketua DPC PDIP Rembang Sumadi dan Sekretaris DPC PDIP Rembang Ridwan dan sejumlah anggota DPRD dari partai tersebut.

Ketua Panitia Peringatan Ulang Tahun ke-43 PDIP Kabupaten Rembang Suprihadi menilai, struktur partai berlambang banteng moncong putih di daerah ini perlu diperbaiki, sehingga solid dan siap melakukan kaderisasi.

Mengenai sikap sebagian kaum muda yang mulai antipati terhadap partai politik, ia meyakini hal itu tidak terjadi terhadap PDIP karena di beberapa kegiatan seperti lomba-lomba di Jawa Tengah, keterlibatan pemuda cukup tinggi.

“Sejak dari Pilkada kemarin, kami mulai merekrut kawula muda seusia 30 tahun ke bawah dan mendukung kegiatan mereka, sehingga PDIP tetap diminati,” tegasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan