Waspadai Tren Pencurian Barang Elektronik

Minggu, 29 Januari 2012 | 04:43 WIB


KOTA – Kepolisian Resor Rembang meminta setiap pemilik gerai penjualan barang-barang elektronik mewaspadai pencurian dengan memasang kamera pengintai (CCTV) sebab tindak kriminal tersebut menjadi tren belakangan ini.

Kepala Polres Rembang Ajun Komisaris Besar Polisi Adhy Fandy Ariyanto, Sabtu (28/1) mengungkapkan, pencurian terhadap barang elektronik bahkan menjadi sasaran utama pencurian di awal tahun.

“Barang elektronik tergolong mudah dipasarkan. Kami minta setiap pemilik toko atau gerai penjualan barang elektronik agar waspada,” kata dia saat dimintai tanggapan mengenai ancaman pencurian di awal tahun.

Menurut dia, setiap pemilik toko bisa meningkatkan pengamanan dengan menempatkan penjaga malam dan memasang kamera pengintai. “Keberadaan CCTV bukan lagi menjadi sesuatu yang baru, melainkan sudah menjadi kewajiban bagi setiap pemilik usaha di tengah ancaman kriminalitas belakangan ini,” kata dia.

Setiap pemilik toko, lanjut dia, diharapkan bisa mengamankan asetnya sendiri dengan menempatkan penjaga malam yang sangat bisa dipercaya. “Sedikit kelalaian, bisa berujung pada kerugian akibat pencurian dan tidak kriminal lainnya,” kata dia menandaskan.

Mengenai pemasangan kamera pengintai, kata Kapolres, pemilik hendaknya tidak memasangnya secara mencolok. “Sekarang ini sudah ada CCTV yang bentuknya relatif kecil sehingga bisa dipasang pada tempat yang nyaris tak terlihat. Keberadaan kamera pengintai ini sangat membantu pemilik untuk mengetahui apa yang terjadi,” kata dia.

Hanya, pihaknya memperingatkan kepada setiap pemilik toko atau gerai yang memasang CCTV agar benar-benar memfungsikannya. “Jangan sampai, keberadaan CCTV digunakan sekadar aksesori alias tidak disertai media perekam (DVR),” kata dia.

Pihaknya berjanji melakukan patroli lebih gencar untuk mengamankan wilayahnya dari tindak kriminalitas. “Hanya, tak bosan kami ingatkan bahwa lebih penting dan efektif apabila setiap anggota masyarakat menjadi polisi untuk dirinya sendiri. Berhati-hati dan selalu waspada,” kata dia.

Kapolres juga mengingatkan agar setiap meninggalkan dan memarkir kendaraan, selalu dipantau dan dipastikan keamanannya. “Jika diperlukan, pasang kunci pengaman ganda. Tindak kriminal tidak mengenal waktu dan tempat, begitu ada kesempatan, kriminalitas berpotensi terjadi,” tandas dia. (Puji)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan