Ulil: Kreativitas Masyarakat Bermunculan di 2013

Senin, 7 Januari 2013 | 18:25 WIB
Ulil Abshar Abdalla

Ulil Abshar Abdalla

REMBANG – MataAirRadio.net, Kreativitas masyarakat di Indonesia banyak muncul dan tumbuh di tengah sejumlah pekerjaan rumah pemerintah negeri ini di berbagai sektor kehidupan. Inisiatif dari anak-anak muda secara spontan melahirkan sejumlah prestasi membanggakan.

Demikian menurut seorang cendekiawan muslim Indonesia, Ulil Abshar Abdalla saat wawancara ekslusif seputar optimisme Indonesia di 2013 dengan reporter MataAir Radio, Ahad (6/1) siang kemarin.

Secara khusus, lulusan program doktoral di Universitas Boston, Massachussetts, Amerika Serikat ini menyebut MataAir Radio sebagai salah satu karya kreatif masyarakat yang positif.

Menurut Ulil, kelahiran media digital atau internet memiliki banyak manfaat positif terhadap berkembang cepatnya kreativitas masyarakat dan itu pula yang melambungkan optimisme kita sebagai bangsa.

Meski sektor kehidupan bermasyarakat di Indonesia akan cukup menggembirakan sepanjang 2013, Menurut Ulil, sektor birokrasi dan pemerintahan masih memerlukan banyak perbaikan.

Pria kelahiran Pati 11 Januari 1967 ini menyebutkan, 2013 perlu disambut dengan optimisme kita sebagai bangsa lantaran negara mencapai pertumbuhan ekonomi cukup baik di angka 6,4 hingga 6,5 persen per tahun di tengah perlambatan ekonomi dunia.

Namun, Ulil juga menyebutkan, negeri ini masih terseok di bidang pemberantasan korupsi dan membutuhkan ketegasan dan keberanian dari pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengatasi isu ini.

Lebih lanjut Ulil menandaskan, di sektor kehidupan antaragam, Pemerintah juga masih menyisakan banyak masalah seperti penyerangan gereja. Kasus semacam itu, tidak baik dalam kerangka membangun kehidupan antarumat beragama yang sehat di negara kita.

Ulil Abshar Abdalla menambahkan, Pemerintah pada 2013 ini, juga masih akan dihadapkan pada persoalan maraknya kasus bentrok atau konflik horisontal, meski secara umum keamanan di Indonesia sudah cukup baik. (Wahyu Salvana)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan