Tetapkan DPT, KPU Rembang Tak Terpengaruh Pusat

Kamis, 12 September 2013 | 15:18 WIB
KPU Rembang menetapkan, jumlah pemilih dalam DPT Pemilu 2014 di kabupaten ini sebanyak 478.702 orang. (Foto:Puji)

KPU Rembang menetapkan, jumlah pemilih dalam DPT Pemilu 2014 di kabupaten ini sebanyak 478.702 orang. (Foto:Puji)

REMBANG, MataAirRadio.net – Meski rapat dengar pendapat antara Komisi II DPR dengan penyelenggara pemilu dan Kemendagri akhirnya menyepakati untuk memundurkan jadwal penetapan DPT di tingkat kabupaten/kota, namun KPU Rembang memilih menetapkan DPT pada Kamis (12/9) siang.

Ketua KPU Rembang Muhammad Affan beralasan, KPU Pusat belum menyatakan merubah PKPU Nomor 6 Tahun 2013 yang salah satu isinya mengatur jadwal penetapan DPT.

Affan mengatakan, KPU Rembang telah berkoordinasi dengan Panwaskab setempat. Panwas merekomendasikan KPU Rembang agar tetap berpegang pada peraturan KPU. Apalagi sampai dengan Kamis (12/9) ini, KPU Rembang belum menerima edaran maupun perubahan aturan terkait jadwal penetapan DPT.

Dia juga mengatakan, jika pun setelah penetapan DPT, terbit surat edaran dari KPU Pusat, maka itu diyakini tidak mengganggu data yang ada. Sebab yang disepakati di tingkat Pusat adalah bagi kabupaten/kota yang mengalami kehilangan NIK pada beberapa data pemilihnya.

Sebelum penetapan DPT Pemilu 2014 di Kabupaten Rembang, sempat muncul pertanyaan dari Khafidin, perwakilan dari Partai Persatuan Pembangunan.

Menurutnya, kesepakatan di tingkat Pusat, penetapan DPT harus diundur selambat-lambatnya 30 hari dari jadwal penetapan semula karena hingga saat ini proses pemutakhiran data pemilih sampai dengan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP), belum akurat.

Di tengah masih banyaknya persoalan, DPR mengkritik langkah KPU yang ingin memaksakan penetapan DPT walaupun data yang dimiliki masih bermasalah. DPR berpandangan bahwa setelah DPT ditetapkan, data itu sudah tidak bisa diubah-ubah.

Khafidin mempertanyakan, apakah kesepakatan tersebut akan memengaruhi penetapan DPT kali ini dan apakah kesepakatan tersebut juga sudah menjadi keputusan dari penyelenggara pemilu.

KPU Rembang menetapkan, jumlah pemilih dalam DPT Pemilu 2014 di kabupaten ini sebanyak 478.702 orang, terdiri atas 239.223 pemilih berjenis kelamin laki-laki dan 239.479 pemilih berjenis kelamin perempuan.

Pemilu 2014 di Kabupaten Rembang akan diselenggarakan di sebanyak 1.777 tempat pemungutan suara di 294 desa/kelurahan. Softcopy DPT akan dibagikan kepada pengurus setiap parpol di tingkat kabupaten dan kecamatan serta kepada panwascam dan panwaskab pada 20 September mendatang. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan