PT Semen Indonesia Komitmen Berdayakan Tenaga Kerja Lokal

Senin, 28 Januari 2013 | 17:49 WIB
Pendidikan dan Pelatihan Permesinan, Pengelasan, dan Instalasi Listrik pelajar SMK

Pendidikan dan Pelatihan Permesinan, Pengelasan, dan Instalasi Listrik pelajar SMK

REMBANG – MataAirRadio.net, PT Semen Gresik (Persero) Tbk yang telah berubah namanya menjadi PT Semen Indonesia berkomitmen memberdayakan dan melibatkan sebanyak-banyaknya tenaga kerja lokal pada pabrik semen di Kecamatan Gunem yang akan mulai dibangun dalam waktu dekat.

Komitmen tersebut dinyatakan Ketua Pengurus Semen Gresik Foundation, Soesetyoko Soewandi seusai membuka Pendidikan dan Pelatihan Permesinan, Pengelasan, dan Instalasi Listrik yang diikuti perwakilan pelajar SMK dari seluruh Kabupaten Rembang, Senin (28/1) pagi.

Soesetyoko menegaskan, pelatihan yang diikuti 135 orang perwakilan pelajar SMK di Kabupaten Rembang sengaja difokuskan pada tiga bidang tersebut. Sebab, menurutnya, tiga bidang itu sesuai dengan tingkat kebutuhan PT Semen Indonesia dalam pengoperasian pabrik baru yang akan segera dibangun di Kabupaten Rembang.

Pendidikan dan Pelatihan Permesinan, Pengelasan, dan Instalasi Listrik oleh Semen Gresik Foundation itu dikerjasamakan dengan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Kabupaten Rembang.

Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Rembang, Waluyo mengatakan, kerja sama penyelenggaraan pelatihan tersebut dapat ditindaklanjuti dengan pelibatan para peserta untuk dapat direkrut menjadi tenaga kerja ketika pabrik semen sudah beroperasi.

Waluyo berharap, pelatihan tersebut dapat memberikan bekal pengetahuan bagi calon tenaga kerja lokal sehingga mereka mampu bersaing dengan tenaga kerja asal luar daerah.

PT Semen Indonesia mengklaim membutuhkan sedikitnya 600 orang untuk operasional pabrik semen baru dengan kapasitas tiga juta ton per tahun seperti yang akan dibangun di wilayah Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang. Pendirian pabrik semen baru tersebut nantinya dapat memberikan peluang besar bagi tenaga kerja lokal Rembang untuk dapat terlibat di dalamnya. (Muhtarom)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan