Tempat Pelelangan Ikan Mulai Dibanjiri Ikan Layang

Sabtu, 7 September 2013 | 14:44 WIB
Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tasikagung

Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tasikagung

REMBANG, MataAirRadio.net – Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tasikagung Rembang mulai dibanjiri oleh melimpahnya tangkapan ikan jenis layang. Sabtu (7/9) pagi, 25 kapal mini purse seine melakukan bongkar hasil tangkapan di TPI tersebut.

Kepala TPI Tasikagung Tukimin menyebutkan, meski mulai membanjiri pelelangan, harga ikan layang masih stabil mahal. Harga ikan layang berukuran kecil misalnya, masih Rp4.000 per kilogram, sedangkan yang besar mencapai Rp7.000 per kilogram.

Selain ikan jenis layang, mayoritas kapal nelayan juga mengangkut hasil tangkapan berupa ikan tongkol. Ikan jenis ini masih laku Rp8.000 per kilogram untuk yang kecil, dan yang lumayan besar Rp10.000 per kilogram.

Sementara itu harga ikan sotong atau nus masih dilelang pada harga Rp20.000 per kilogram. Tukimin menyebutkan, sampai dengan awal September ini, ikan tengiri masih sepi di pelelangan.

Menurut Kepala TPI Tasikagung, kondisi tempat pelelangan ikan setempat terbilang ramai sejak 31 Agustus kemarin hingga sekarang. Ia mengatakan, meski musim timuran sedang berlangsung, nelayan sudah mulai mendapatkan jumlah tangkapan yang stabil.

Biasanya, hanya pada saat awal pergantian musim, terjadi penurunan jumlah tangkapan ikan. Namun, begitu sudah mulai memasuki tengah musim, tangkapan tidak lagi terpengaruh. Pelelangan pada Jumat (6/9) kemarin, masih ditutup pada angka Rp621juta.

Khusus untuk tangkapan ikan jenis layang, sebagian nelayan masih mendapat yang berukuran kecil. Padahal biasanya, ketika memasuki September, ikan layang sudah berkuran besar.

Sementara itu, di tengah membanjirnya pasokan ikan layang, sejumlah produsen ikan kering di Kabupaten Rembang kesulitan berproduksi akibat minimnya pasokan ikan segar dari nelayan lokal.

Eksan Ashari, produsen ikan kering di Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Rembang mengatakan dirinya terpaksa mengurangi produksi akibat minim bahan baku. Jenis ikan yang kerap diolah menjadi ikan kering diantaranya kapasan, bilis, dan bloso. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan