Tebing Jalan Sekarsari-Meteseh Amblas Puluhan Meter

Kamis, 19 Desember 2013 | 14:42 WIB
Tebing jalan penghubung Dusun Dersan Desa Sekarsari Kecamatan Sumber dengan Dusun Dukoh Desa Meteseh Kecamatan Kaliori longsor dan amblas sepanjang 30 meter. (Foto:Puji)

Tebing jalan penghubung Dusun Dersan Desa Sekarsari Kecamatan Sumber dengan Dusun Dukoh Desa Meteseh Kecamatan Kaliori longsor dan amblas sepanjang 30 meter. (Foto:Puji)

SUMBER, MataAirRadio.net – Tebing jalan penghubung Dusun Dersan Desa Sekarsari Kecamatan Sumber dengan Dusun Dukoh Desa Meteseh Kecamatan Kaliori longsor dan amblas sepanjang 30 meter. Badan jalan itu pun sudah tergerus lebih dari satu meter. Longsoran berpotensi meluas seiring peningkatan intensitas curah hujan dan bertambahnya debit air sungai.

Kasnadi, warga Dusun Dersan yang tinggal tak jauh dari lokasi longsor mengaku khawatir jika tebing yang amblas tidak segera diperbaiki. Selain telah memakan hampir separuh dari badan jalan, banjir besar rawan terjadi mengingat curah hujan cenderung tinggi.

Longsornya tebing sudah sekitar sepekan kemarin. Namun sejauh ini belum ada kabar penanganan. Sempat ada survei dari pihak kecamatan dan kabupaten pasca-kejadian, tapi belum juga ada perbaikan meski sifatnya darurat. Dari keterangan warga, tebing jalan itu belum lama dibangun.

Akibat tebing jalan yang longsor dan amblas, kendaraan beroda empat yang melintas menjadi harus berhati-hati. Hingga Kamis (19/12) belum ada rajek bambu atau setidaknya rambu darurat yang dipasang di lokasi longsor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Rembang Suharso mengaku sudah melakukan peninjauan ke lapangan. Pihaknya juga sudah langsung mengkaji upaya penanganan longsor bersama Dinas Pekerjaan Umum setempat. Kajian bersama itu ditempuh, karena DPU yang menangani penebingan jalan itu sebelumnya.

Mengenai kapan perbaikan dilakukan, Suharso tidak bisa memastikan karena memerlukan petunjuk Bupati. Namun dia mengakui, derasnya aliran air dari atas membuat akses vital kedua dusun itu semakin terancam.

Sementara itu, hujan yang hampir setiap hari mengguyur wilayah setempat juga mengakibatkan longsor di sekitar jembatan penghubung Dusun Dersan dengan Desa Manjang Kecamatan Jaken. Saat ini, jembatan telah ditutup untuk perlintasan kendaraan karena rawan.

Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban (Trantib) Kecamatan Sumber Sukono meminta warga untuk tidak nekat melintasi jembatan tersebut, untuk mengantisipasi insiden. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan