Studi Banding Tiga Raperda Cukup ke “Tetangga”

Jumat, 21 Desember 2012 | 06:39 WIB

REMBANG – MataAirRadio.net, Tiga panitia khusus (Pansus) pembahas masing-masing rancangan peraturan daerah yang ditengah digodok untuk disahkan DPRD Kabupaten Rembang pada akhir tahun ini, menggelar kunjungan kerja ke sejumlah kota “tetangga” di Jawa Tengah.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Rembang, Suwanto kepada reporter MataAir Radio, Kamis (20/12) menyebutkan, untuk kunjungan kerja kali ini, para anggota dewan dialokasi anggaran lebih dari Rp194juta.

Menurut Suwanto, alokasi anggaran tersebut ditentukan dengan asumsi bahwa ketiga pansus tersebut akan menghabiskan waktu kunjungan dalam lima hari empat malam dan tempat studi banding yang diambil adalah jarak yang paling jauh di Pulau Jawa.

Namun, lantaran kunjungan kerja kali ini diperkirakan selesai dalam tiga hari dua malam dan tujuan studi banding yang diambil hanya di wilayah Jawa Tengah, alokasi anggaran tersebut diperkirakannya hanya akan terserap sekitar 60 persen atau sekitar Rp116juta.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Rembang, Suwanto menyebutkan, ada empat tujuan kunjungan kerja atau studi banding kali ini masing-masing Kota Surakarta, Klaten, Sragen, dan Wonogiri.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa ini meyakini, kunjungan kerja tiga pansus pembahas rancangan peraturan daerah ini, akan membawa banyak manfaat terutama bagi kesempurnaan tiga raperda yang tengah digodok.

Suwanto menjelaskan, kunjungan kerja memang diperlukan lantaran ada beberapa hal pada masing-masing raperda yang mungkin luput dari perhitungan.

Pihaknya pun yakin, ada banyak hal yang bisa diadopsi dari peraturan daerah keempat kabupaten/kota tersebut untuk dipertimbangkan masuk dalam setiap raperda yang masih dibahas.

Ada tiga rancangan peraturan daerah yang sedang digodok DPRD Kabupaten Rembang untuk disahkan pada akhir tahun ini. Panitia Khusus Raperda tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup melakukan studi banding ke Surakarta dan Wonogiri.

Pansus Raperda tentang Sumbangan Pihak Ketiga kepada Daerah melakukan kunjungan kerja ke Sragen dan Surakarta, sementara Panitia Khusus Raperda tentang Pengelolaan serta Penataan Pasar Tradisional dan Modern studi banding ke Surakarta dan Klaten.

Sampai dengan 20 Desember 2012, ketiga pansus raperda masih dalam masa studi banding, dan Senin 23 Desember para anggota DPRD ini sudah berada di Rembang. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan