Pemkab Rembang Diminta Cepat Sosialisasikan Perda Baru Pilkades

Friday, 30 August 2013 | 16:00 WIB
Kantor Bupati Rembang

Kantor Bupati Rembang

REMBANG, MataAirRadio.net – Pemerintah Kabupaten Rembang diminta secara cepat menyosialisasikan isi peraturan daerah (perda) baru tentang tata cara pemilihan, pencalonan, pengangkatan, pelantikan dan pemberhentian kepala desa dan perangkatnya.

Permintaan itu dilontarkan Komisi A DPRD Kabupaten Rembang setelah Raperda Perubahan Perda Nomor 3 dan 4 Tahun 2007 itu disetujui DPRD setempat, Jumat (30/8) siang.

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Rembang Ridwan mengatakan, sosialisasi perlu dilakukan meski perda yang ditetapkan masih memerlukan evaluasi di tingkat Gubernur. Menurutnya, sosialisasi dibutuhkan mengingat pelaksanaan pilkades sudah harus digelar 12 November nanti.

Apalagi sebelumnya, beredar sejumlah wacana di masyarakat terkait pilkades. Misalnya surat suara yang diusulkan menggunakan foto calon kades, kini diputuskan tetap menggunakan tanda gambar palawija. Syarat pendidikan pun tetap minimal SMP dan masa jabatan tetap enam tahun.

Sementara itu mengenai desakan paguyuban kepala desa yang menuntut pelaksanaan pilkades setelah Pemilu 2014, hal itu sulit dikabulkan. Berdasarkan kajian dari DPRD dan Pemkab Rembang, pengunduran waktu pilkades bisa saja terjadi namun maksimal Februari 2013.

Sebab dalam ketentuan, maksimal enam bulan setelah masa jabatan seorang kepala desa habis, wajib digelar pilkades. Namun, seandainya pilkades digelar Februari, maka secara hukum anggaran, tidak memungkinkan.

Akhirnya baik legislatif maupun eksekutif bersepakat untuk melaksanakan pilkades secara serentak pada November mendatang. Jika pun rancangan undang-undang tentang desa disahkan menjadi undang-undang, maka perda yang baru ditetapkan ini, tidak berlaku mundur.

Pengesahan Raperda Perubahan Perda Nomor 3 dan 4 Tahun 2007 oleh DPRD Kabupaten Rembang dilakukan sekaligus dengan penetapan Perubahan Perda Nomor 7 Tahun 2011 tentang Penyertaan Modal Daerah. Hampir semua fraksi sepakat untuk menyetujui ketiga raperda tersebut. (Pujianto)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan