Setyo Budiharso “Pamitan” lewat Facebook

Senin, 14 Januari 2013 | 08:32 WIB

SULANG – MataAirRadio.net, Malang tak dapat ditolak, mujur tak dapat diraih. Demikian pepatah yang menggambarkan nasib manusia. Nasib seseorang, hanya Tuhan yang tahu. Semua yang terjadi merupakan kehandak Yang Maha Kuasa dan tak satu pun manusia sanggup menolaknya.

Peristiwa karamnya KM Sumber Rejeki Putra Dua di sekitar pulau Karamian pada Rabu dini hari 9 Januari silam, mengguratkan kegetiran tersendiri bagi keluarga dan teman-teman korban. Mereka tak pernah mengira peristiwa nahas tersebut bakal dialami oleh salah seorang yang sangat dikasihinya.

Karamnya KM Sumber Rejeki Putra Dua, menyisakan berbagai cerita pilu. Setyo Budiharso, salah seorang ABK asal Dukuh Tegalgede Rt 2 RW 6 Desa Sulang, Kecamatan Sulang, misalnya.

Sebelum ganasnya gelombang laut menenggelamkan KM Sumber Rejeki Putra 2 yang ditumpanginya, Setyo Budiharso alias Mbendel alias Genjik, masih sempat beberapa kali mengupdate status di akun jejaring sosial facebooknya melalui telepon seluler.

Status yang sempat diupdate Setyo Budiharso terakhir kali di akun facebooknya pada 3 Januari 2013 pukul 20.04 WIB di alamat https://www.facebook.com/budi.mbendel, berbunyi “10 dino meneh,muga” lncar” wae amin ya rob”.

Salah seorang sahabat sekaligus tetangga korban, Ari Setiawan (25), mengatakan, Setyo Budiharso merupakan sosok yang sederhana dan entengan jika dimintai tolong.

Karenanya, banyak teman dan tetangga yang prihatin saat mendengar kabar ia termasuk dari salah satu ABK KM Sumber Rejeki Putra 2 yang mengalami nahas di lautan. Ari mengaku terakhir berkomunikasi melalui saluran telepon seluler dengan Setyo Budiharso pada 6 Januari, atau tiga hari sebelum nahas menimpa sahabatnya itu.

Menurut Ari, saat itu, Setyo menceritakan kondisinya yang baik-baik saja dan sempat mengabarkan tidak lama lagi akan pulang. Bahkan, ia berencana mengajak Ari jalan-jalan untuk melepas penat setelah sekian lama melaut, jika nanti sudah kembali ke rumah.

Di tengah keprihatinan yang mendalam, Ari Setiawan berharap, sahabatnya, Setyo Budiharso dan ABK lainnya dapat segera diketemukan dalam keadaan selamat sehingga mereka dapat kembali berkumpul dengan sanak keluarga di rumah.

Namun sampai dengan Minggu (13/1) malam, belum ada informasi dari pihak KRI Koarmatim Surabaya mengenai hasil pencarian terhadap ABK dan bangkai kapal motor Sumber Rejeki Putra 2. (Muhtarom)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan