Serangan Hama Tikus Menggila di Sale

Selasa, 16 Juli 2013 | 15:10 WIB
Ilistrasi. (Foto:Ilyas)

Ilistrasi. (Foto:Ilyas)

SALE, MataAirRadio.net – Serangan hama tikus terhadap tanaman padi milik petani dilaporkan menggila di Kecamatan Sale dalam beberapa pekan terakhir. Akibatnya tanaman padi petani pun menjadi mati atau setidaknya mengalami kerusakan parah.

Sarmini, seorang petani di Desa Mrayun yang ditemui Selasa (16/7) pagi mengatakan, serangan hama tikus tidak dapat diperkirakan secara pasti oleh petani. Sebab terkadang, tanaman yang baru berusia beberapa minggu saja sudah mulai diserang oleh hewan pengerat itu.

Menurutnya, tidak hanya tanaman padi milik petani di desanya yang diserang hama tikus. Di daerah lain pun, hama ini menyerang padi petani yang hampir panen.

Meskipun intensitas serangan hama tikus meningkat, sejauh ini belum ada niat dari petani untuk melakukan perburuan secara massal.

Sarmini mengaku, dirinya dan petani lain sebenarnya sudah berusaha secara maksimal untuk meredakan serangan hama tikus. Berbagai jenis racun atau penangkal hama telah diberikan.

Namun kenyataannya, hama tikus kembali menyerang dan membuat kebanyakan petani menderita kerugian, bahkan hingga jutaan rupiah.

Mustain, petani lainnya pun mengaku sedang dilanda keresahan mengingat serangan hama tikus belum bisa dikendalikan. Apalagi, hama ini seperti tidak mempan dibasmi, meski sudah diberikan racun tikus. (Ilyas al-Musthofa)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan