Sejumlah Pekerjaan Tak Dipasangi Papan Informasi Proyek

Minggu, 9 Desember 2012 | 15:14 WIB

Papan Informasi Proyek

REMBANG – MataAirRadio.net, Sejumlah proyek yang dikerjakan dengan anggaran pendapatan dan belanja daerah baik dari APBD Provinsi Jawa Tengah maupun Kabupaten Rembang, atau bahkan dari APBN, diketahui tidak disertai dengan pemasangan papan informasi proyek.

Akibatnya, menurut Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Rembang, Puji Santoso yang dihubungi reporter MataAir Radio, Minggu (9/12), masyarakat menjadi kesulitan memantau kualitas pengerjaan proyek di wilayah mereka.

Puji menyebutkan, kebanyakan proyek yang tidak disertai dengan papan informasi merupakan proyek dengan penunjukan langsung seperti pekerjaan penanganan penataan lingkungan dan permukiman.

Mestinya, kata anggota dewan asal Kecamatan Pancur ini, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Rembang menjalin komunikasi dan koordinasi dengan pemborong atau rekanan, bahkan menegur jika tidak memasang papan proyek.

Puji Santoso juga menyatakan, pengawasan memang menjadi bagian dari tanggung jawab DPRD, namun tanpa bantuan dari masyarakat, evaluasi kualitas pengerjaan proyek bisa kurang maksimal.

Dengarkan rekaman di sini.

Berdasarkan pantauan reporter MataAir Radio, memang ada sejumlah pekerjaan yang papan informasi proyeknya diduga tidak dipasang, meski dalam rancangan anggaran dan belanja atau RAB, ada pos anggarannya.

Seperti pekerjaan pengaspalan Jalan Desa Tuyuhan di Kecamatan Pancur. Diduga lantaran tidak ada papan proyek atau ada tetapi sudah dilepas sebelum pekerjaan diserahterimakan, masyarakat menjadi tidak bisa memantau kualitas pengerjaannya.

Padahal, menurut keterangan warga, baru selesai dikerjakan kurang dari satu bulan, dua titik di ruas jalan desa tersebut, sudah terkelupas aspalnya. Warga menduga pengerjaan pengaspalan itu dikerjakan secara asal-asalan. Atas kenyataan ini, Puji Santoso yang anggota DPRD dan bermukim tak jauh dari ruas jalan tersebut, mengaku geram.

Dengarkan rekaman di sini.

Sementara itu, dikonfirmasi mengenai ketiadaan papan informasi di sejumlah proyek yang didanai oleh APBD atau APBN, Kepala Bidang Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Rembang, Raharjo menyatakan, akan menegur rekanan yang nekat tidak memasang papan informasi proyek.

Raharjo menegaskan, semua proyek yang dibiayai dari APBD harus ada papan nama proyek agar masyarakat mengetahui proyek tersebut dan turut mengawasi pelaksanaannya. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



2 comments
  1. Wahyu Salvana

    Desember 10, 2012 at 9:01 am

    beginilah potret pembangunan di indonesia, proyek tidak dikerjakan secara profesional ~hanya mencari keuntungan semata~, mestinya DPRD harus lebih jeli dan teliti. jika terjadi lagi hal-hal yang demikian, blacklist saja tuh pemborongnya.

    Reply
  2. sri

    Desember 10, 2012 at 8:46 pm

    dprd juga yang jadi pemborongnya, gimana mau ngawasi. kalo tidak begitu ya antek-antek bupati dan wakil bupati yang suka marah-marah kalo dikritik warga. baru aja jadi antek mereka sudah seperti raja. memang kebal hukum para antek pemborong abal-abal ini???

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan